Sabtu 17 Jul 2010 00:11 WIB

Mari Meluruskan Makna Jihad

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Budi Raharjo
Mari kita meluruskan makna jihad, ilustrasi
Mari kita meluruskan makna jihad, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jihad bukan semata-mata perjuangan fisik. Jihad juga berarti perjuangan pikiran dan perjuangan mengalahkan nafsu.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Nasaruddin Umar, mengatakan definisi seperti itu berasal dari padanan kata jihad dalam bahasa Arab. Jihad, terangnya berasal dari kata jahada yang berarti bersungguh-sungguh.

Kemudian berubah menjadi beberapa kata di antaranya jihad, ijtihad, dan mujahadah. Yang pertama berarti perjuangan fisik, kedua berarti perjuangan pemikiran,  dan ketiga adalah perjuangan memerangi hawa nafsu. ''Jihad yang kita pahami adalah sinergi dari seluruhnya,'' ungkap Nasaruddin di Griya Bima Sakti, Jakarta, Jumat (16/7).

Dirinya mengutip sebuah hadits Rasulullah. Suatu ketika Rasulullah memeriksa apakah pasukannya sudah makan atau belum, ternyata sudah. Kemudian Rasulullah memanggil Salman al-Farisi untuk menyusun strategi perang.

Salman mengatakan jika membangun tembok untuk membentengi umat Islam dari serangan kaum kafir Quraisy maka akan banyak memakan biaya besar. Sementara, membangun parit tidak banyak memakan biaya. Maka Rasulullah memerintahkan membangun parit dalam perang Khandak. ''Itu ijtihad,'' ujarnya.

Dia tidak setuju jika jihad dipahami dalam satu arti saja. Muslim dari kalangan tertentu kerap melakukan itu. Pemahaman parsial tersebut mengakibatkan munculnya radikalisme. Dirinya berharap organisasi besar seperti Nahdhatul Ulama dapat mengatasi hal itu.

Dia mengatakan, NU harus bergerak dengan pendidikan dan dakwah. ''Itu adalah cara efektif mengajarkan jihad dalam arti luas,'' imbuhnya.

NU dinilai berkompeten untuk melakukan itu karena organisasi besar tersebut tidak hanya fokus kepada Islam, tetapi juga negara. Namun demikian, terangnya, organisasi lain juga berperan menyebarkan jihad yang tidak parsial. ''Masing-masing berjalan di jalannya dengan visi yang sama,'' harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement