Selasa 28 Feb 2017 16:30 WIB

Raja Salman akan Temui Ormas Islam Indonesia, Ini Kata Dubes Saudi

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Teguh Firmansyah
Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz
Foto: Reuters/Gary Cameron
Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi, membenarkan Raja Salman akan menemui ormas-ormas Islam di Indonesia. Namun, ia menegaskan pertemuan tidak akan membahas persoalan internal Indonesia.

"Memang Arab Saudi merupakan pemimpin negara-negara Islam, mengingat ada dua kota suci Makkah dan Madinah, tapi kita tidak akan menyinggung masalah internal Indonesia," kata Osama di Kedubas Arab Saudi, Selasa (28/2).

Ia berharap, apa pun masalah yang ada di Indonesia bisa segera diselesaikan dengan baik. Namun, lanjut Osama, jika Pemerintah Indonesia minta bantuan untuk menyelesaikan masalah internal, maka Arab Saudi tidak akan menolaknya.

Ihwal siapa saja pemimpin ormas-ormas Islam yang akan ditemui Raja Salman, Arab Saudi akan menyerahkan nama-nama itu Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). "Yang memutuskan nama-nama ormas yang diterima Raja Salman nanti Kemenlu, kita akan mengikuti apa yang diberikan," ujar Osama.

(Baca Juga: Raja Salman, Tamu Negara Pertama yang Dijemput Langsung Jokowi di Bandara)

Meski begitu, ia mengungkapkan, persoalan Timur Tengah turut menjadi bahas pembahasan Raja Salman dengan Presiden Joko Widodo. Menurut Osama, Arab Saudi akan terus mencari solusi terbaik perdamaian di Timur Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement