Rabu 23 Oct 2024 22:55 WIB

Mengapa Kedua Mata Ini Oleh Rasulullah SAW Disebut tak akan Disentuh Api Neraka?

Terdapat dua mata hamba Muslim yang tak akan tersentuh api neraka

Berdzikir. Ilustrasi. Terdapat dua mata hamba Muslim yang tak akan tersentuh api neraka
Foto: Thoudy Badai/Republika
Berdzikir. Ilustrasi. Terdapat dua mata hamba Muslim yang tak akan tersentuh api neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Terdapat sejumlah riwayat yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW menyebut dua kategori mata Muslim yang tak tersentuh api neraka.

Baca Juga

عن عبد الله بن عباس رضي الله عنهما قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: عَيْنَانِ لَا تَمَسُّهُمَا النَّارُ: عَيْنٌ بَكَتْ مِنْ خَشْيَةِ

الله، وَعَيْنٌ بَاتَتْ تَحْرُسُ فِي سَبِيلِ الله

Dari Abdullah bin Abbas, RA dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan disentuh api neraka kecuali dua mata, yaitu mata yang menangis karena takut kepada Allah, dan mata yang tetap terjaga di jalan Allah." (HR TIrmidzi).

Tidak diragukan lagi bahwa lolos dan selamat dari neraka merupakan tuntutan bagi setiap orang yang beriman kepada Allah SWT dan Hari Akhir, dan kekhawatiran yang menghantui hamba-hamba Allah SWT yang saleh.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan."

(QS Ali Imran 185).

Pertama: “Mata yang menangis karena takut kepada Allah”. Mata yang menangis karena takut kepada Allah tidak akan tersentuh api neraka, karena mata itu mengikuti hati, jika hati melunak, maka mata akan menangis, dan jika hati mengeras, maka mata akan menjadi gersang, sebagaimana perkataan Imam Ibnul Qayyim dalam kitab “Bada''l al-Fawaid”:

“Setiap kali mata menjadi mandul dri menangis karena takut kepada Allah, ketahuilah bahwa kemandulannya disebabkan oleh kekerasan hati, dan hati yang paling jauh dari Allah SWT adalalah hati yang keras.” Nabi SAW berlindung dari hati yang tidak takut, beliau bersabda:

اللهم إني أعوذ بك من علم لا ينفع، ومن قلب لا يخشع، ومن نفس لا تشبع، ومن دعوة لا يستجاب لها

“Ya Allah, aku berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak takut, dari jiwa yang tidak merasa cukup, dan dari doa yang tidak dikabulkan.” (HR Muslim).

BAC JUGA: Ehsan Daqsa Komandan Elite IDF Tewas Mengenaskan di Jabalia Utara, Ini Jejak Militernya 

Allah telah memuji orang-orang yang menangis karena takut kepada-Nya, dalam Alquran:

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ مِنْ ذُرِّيَّةِ آدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوحٍ وَمِنْ ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْرَائِيلَ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا ۚ إِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ آيَاتُ الرَّحْمَٰنِ خَرُّوا سُجَّدًا وَبُكِيًّا ۩

"Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Mahapemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis." (QS Maryam 58).

Diriwayatkan dari Umar bin Khattab RA bahwa dia membaca ayat ini, lalu dia bersujud dan berkata, “Ini adalah sujud, tetapi di manakah tangisannya?”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement