Rabu 25 Sep 2024 17:56 WIB

Apa yang Janggal dari Perang Israel VS Hizbullah? Ya, Israel Sembunyikan Kerugiaannya

Israel menyembunyikan dampak serangan Hizbullah

Orang-orang dengan menggunakan kendaraan terjebak kemacetan ketika hendak melarikan diri dari dari serangan usara Israel di jalan raya penghubung kota Beirut, di selatan kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Selasa (24/9/2024).
Foto: AP Photo/Mohammed Zaatari
Orang-orang dengan menggunakan kendaraan terjebak kemacetan ketika hendak melarikan diri dari dari serangan usara Israel di jalan raya penghubung kota Beirut, di selatan kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Selasa (24/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM— Israel telah menerapkan sensor militer yang ketat untuk menyembunyikan kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan oleh garis depan Israel di bagian utara sejak Hizbullah melancarkan Operasi Pembalasan Terbuka (al-Hisab al-Maftuh), pada saat pemerintah Israel dan media-media mereka dengan sengaja menyoroti serangan-serangan yang dilancarkan oleh tentara Israel di Lebanon selatan dan pinggiran selatan Beirut.

Tidak seperti di garis depan dengan Jalur Gaza, di mana IDF mengizinkan publikasi kerugian dan kerusakan sipil dan militer yang disebabkan oleh tembakan roket Hamas dan serangan faksi-faksi perlawanan Palestina - Israel menolak untuk mengungkapkan kerugian akibat pengeboman Hizbullah.

Baca Juga

Gunting sensor

Di depan gunting sensor militer Israel, perilaku dan perkembangan perang di front utara menunjukkan bahwa Hizbullah memiliki intelijen yang tampaknya lebih unggul, dan tidak kalah dalam hal kapasitas dan aktivasi dengan dinas intelijen tentara Israel, menurut pembacaan para analis politik dan peneliti urusan Israel.

Para analis sepakat bahwa ada perbedaan kemampuan dan persenjataan antara Hamas dan Hizbullah, yang menunjukkan keunggulan intelijen dalam perang, sebuah keunggulan yang mengarah pada hasil yang sangat penting, yaitu masalah menantang apa yang disebut sebagai “pikiran Israel yang tak terkalahkan.”

Perkiraan para analis menunjukkan bahwa aparat intelijen Hizbullah lebih unggul, bukan lebih rendah, daripada badan intelijen IDF.

Para analis memperkirakan bahwa badan intelijen Israel, yang selalu membanggakan diri sebagai negara yang unggul secara regional dan global serta berperang di mana-mana, mengadopsi metode kontrol militer pada tahap ini untuk meminimalkan dampak kekalahan, di hadapan intelijen lain, Hizbullah, yang lebih baik dalam merencanakan, mengakses informasi, dan mengarahkan serangan di waktu yang tepat.

Pukulan telak

Peneliti urusan Israel, Antoine Shalhat, meyakini bahwa sejak dimulainya eskalasi di front utara, kontrol militer yang lebih ketat telah diberlakukan terhadap perkembangan peristiwa-peristiwa di dalam negeri Israel, dan kekuatan telah digunakan pada dua tingkat: Yang pertama adalah eksternal, tercermin dalam genosida di Gaza dan upaya untuk memindahkannya ke Lebanon, dan tingkat kedua adalah internal, memberlakukan sensor terhadap berita, fakta, dan kebebasan berpendapat.

Dia menjelaskan kepada Aljazeera.net bahwa pemberlakuan sensor militer semakin memburuk dengan meletusnya perang di Lebanon dan dimulainya operasi militer, yang oleh tentara penjajah disebut “Panah Utara”, dibandingkan dengan apa yang berlaku di front depan perang di Gaza, sebagai upaya untuk membuat perbedaan pada tahap saat ini di front utara.

Peneliti urusan Israel itu menekankan bahwa ada banyak perkembangan, kerugian dan kerusakan yang disembunyikan di front utara, setelah pukulan berat yang ditimpakan kepada Israel selama putaran eskalasi dengan Hizbullah.

Shalhat mengaitkan pemberlakuan dan pengetatan kontrol dengan keberhasilan perlawanan di garis depan dengan Lebanon dalam membangun sabuk keamanan di dalam wilayah dan wilayah yang berada di bawah kendali Israel, untuk pertama kalinya sejak peristiwa Nakbah, yang merupakan pukulan bagi doktrin keamanan Israel, yang mengandalkan prinsip “memindahkan pertempuran ke tanah musuh,” sementara dalam perang ini pertempuran terjadi di arena Israel sendiri.

Dia tidak mengecilkan..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement