Rabu 18 Sep 2024 22:01 WIB

Suarakan Palestina Lewat Teater Musikal, Dompet Dhuafa Gandeng Artis Happy Salma

Seni disebut sebagai salah satu cara bela Palestina

Jumpa pers Dompet Dhuafa Bersama Titimangsa Foundation dan Happy Salma
Foto: Muhyiddin//Republika
Jumpa pers Dompet Dhuafa Bersama Titimangsa Foundation dan Happy Salma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dompet Dhufa bersama Titimangsa Foundation akan menggelar "Teater Musikal Tanah Yang Terpenjara, Lantangkan Suara Untuk Palestina" di Gedung Kesenian Jakarta pada 3 Oktober 2024 pukul 19.30 WIB.

Dalam teater ini, Dompet Dhuafa memggandeng sejumlah artis dan seniman ibu kota, termasuk Happy Salma.

Baca Juga

Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika (YDDR), Etika Setiawanti, mengatakan pertunjukan teater ini bertujuan untuk menyuarakan kembali dukungan terhadap Palestina yang tengah dijajah oleh zionis Israel. Karena, menurut dia, seni akan mampu menyatukan berbagai lapisan masyarakat.

"Jadi tujuannya ini untuk menggalang sebanyak mungkin kepedulian terhadap Paleatina dari seluruh lapisan masyarakat lintas suku, agama, ras, atau golongan," ujar Etika kepada Republika.co.id usai jumpa pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2024).

Dalam teater ini, menurut dia, nantinya akan menceritakan tentang perang atau tragedi kemanusiaan yang terjadi, sehingga terater ini hanya diperuntukkan untuk usia 13 tahun ke atas.

Berdurasi sekitar 90 menit, musikal teater ini akan menampilkan bagaimana rakyat Gaza terusir dari rumahnya dan perjuangan mereka untuk bertahan hidup melawan kezaliman

"Di dalamnya itu tidak bisa dinikmati oleh anak kecil di bawah 13 tahun karena ada menggambarkan kekerasan yang terjadi di Palestina," ucap Etika

Menurut dia, teater musikan ini akan menampilkan artis Happy Salma, influencer Chiki Fawzi, musisi Panji Sakti, dan sejumlah seniman lainnya. Dia pun mengapresiasi Happy Salma yang mau turun langsung untuk mendukung Palestina dari hati.

"Kita sangat appreciate karena Happy Salma sebagai ketua pembina tapi mau turun langsung jadi pemain, jadi memang dari hati beliau sih," kata Direktur Mobilisasi Sumber Daya Dompet Dhuafa ini.

Tiket teater musikal ini akan dijual dengan harga Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu dan bisa dibeli langsung dari situs resmi Titimangsa.

Menurut Etika, hasil penjualan tiket nantinya akan didonasikan untuk Palestina. Sebelum dan sesudah acara ini, nantinya juga akan dilakukan donasi.

Dia pun menargetkan, acara ini nantinya dapat mengumpulkan dana sebesar Rp 1 Miliar. Karena, menurut dia, pihaknya juga mendekati beberapa brand sebagai sponsor.

"Harapannya dari 500 tiket ini terjual sold out, tapi selain itu kita mencari dukungan menggalang dana dari berbagai mitra atau kolaborator. Jadi mudah-mudahan Rp 1 miliar terkumpul dari event ini," kata Etika.

BACA JUGA: Media Barat Ini Bongkar Praktik Kawin Kontrak Alias Nikah Mutah di Puncak, Begini Faktanya

Ditemui di tempat yang sama, Happy Salma bersedia terlibat dalam teater ini kardna berbicara tentang kemanusian. Ia juga ingin menyuarakan rakyat Palestina yang tengah tertindas.

"Kita akan berbicara tentang kemanusiaan lewat seni, di mana kita akan menyuarakan perasaan kita tentang bagaimana kemanusiaan di atas segala-galanya," ujar Ketua Dewan Pembina Titimangsa ini.

Happy mengaku baru pertama kali terlibat secara langsung dalam event yang mendukung Palestina. Namun, menurut dia, ini merupakan momen yang penting untuk menyuarakan Palestina.

"Ini adalah isu tentang kemanusiaan yang penting untuk kita perjuangkan. Ini memang pertanggung jawaban kami, saya bersama kawan-kawan bersuara lantang lewat seni," jelas Happy.

Dalam acara ini..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement