Senin 09 Sep 2024 22:30 WIB

Bacaan Dzikir Setiap Habis Sholat Wajib 5 Waktu Ini Dijamin Masuk ke Surga

Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan

Ilustrasi dzikir. Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan
Foto: Dok. ANTARA/Nur Amalia Amir
Ilustrasi dzikir. Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk selalu berdzikir. Di antara dzikir tersebut adalah bacaan yang hendaknya rutin yaitu dzikir setelah sholat lima waktu.

Dekan Fakultas Dakwah Islam di Universitas Al-Azhar, Dr Mohammed Abdul Dayem Al-Jundi, mengatakan bahwa dzikir adalah kunci surga dan cara untuk memasukinya, karena kita semua memimpikan surga dan kita semua takut akan hukuman Allah, menunjukkan bahwa Nabi SAW, mengajari kita cara masuk surga dengan menyebut Allah SWT.

Baca Juga

Dikutip dari Masrawy, Senin (9/9/2024), Abdel Dayem, menjelaskan Nabi Muhammad SAW, mengatakan kepada kita untuk membaca ayat Kursi setelah setiap habis sholat , karena siapa pun yang membacanya setelah sholat lima waktu hanya akan dicegah masuk surga oleh kematian.

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ إِلَّا أَنْ يَمُوتَ

Dari Abu Umamah RA, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca Ayat Kursi di setiap habis sholat lima waktu, maka tidak akan ada menghalanginya masuk surga kecuali dia mati.” (HR Nasai, Thabrani, dan Ibnu Sinni).

Abdel Dayem menekankan bahwa para sahabat Nabi sangat ingin masuk surga, mengutip kisah sahabat Abu Rabi'ah al-Islam, ketika dia melayani Rasulullah, dia biasa membawakan air untuk wudhu dan kebutuhannya di malam hari, dan Rasulullah berkata kepadanya.

“Mintalah,” yang berarti mintalah kepada Allah untuk kebutuhanmu, maka dia menjawab, “Aku akan menemanimu di surga,” dan Rasulullah berkata kepadanya, “Atau yang lain,” dan dia menjawab, “Ya, Allah akan membantumu dengan bersujud.”

Keutamaan dzikir....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement