Selasa 03 Sep 2024 14:47 WIB

Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Lintas Agama Sambut Paus Fransiskus dengan Suka Cita

Paus Fransiskus akan berada di Indonesia dari 3-6 September

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ansor dan OKP lintas agama bertemu pemimpin tertinggi Vatikan, Puas Fransiskus
Foto:

OKP lintas agama sebelumnya juga telah meneken dokumen Abu Dhabi tentang persaudaraan kemanusiaan sejati dunia.

Paus Fransiskus sendiri berkomitmen akan melakukan tour perdamian dan akan bertemu dengan para pemimpin tertinggi agama-agama di dunia.

Yang terdekat adalah dengan grand syekh al-Azhar Mesir dan para penerima nobel perdamaian dunia.

GP Ansor sebagai lembaga di bawah Nahdlatul Ulama adalah bagian dari OKP keagamaan dunia, yang secara kolektif akan mengambil langkah nyata untuk itu. "Kedepannya, kami akan berkomunikasi dengan pemimpin muda agama di Asia Pasifik dan membentuk sekretariat bersama," kata Addin.

Sekretariat bersama itu nanti akan menggalang dialog dan mempromosikan perdamaian dan keadilan dunia yang sudah banyak dinodai oleh aksi-aksi kekerasan. Masyarakat beragama saat ini berharap Paus bersama dengan pemimpin agama dunia lainnya untuk meredakan ketegangan dan konflik di berbagai belahan dunia.

Di tempat yang sama, Ketua Bidang Moderasi Beragama dan Hubungan Masyarakat Katolik DPP Pemuda Katolik, Reginal Robert Capah merasa terhormat dan tersanjung dengan pimpinan OKP lintas agama yang bersuka cita menyambut kedatangan Paus Fransiskus.

BACA JUGA: Protes Keras RS Medistra Soal Jilbab, Siapa Dr Diani? Kakeknya Tokoh Utama Muhammadiyah

"Garis besarnya kami dari Oromas Katolik sangat tersanjung. Karena kami menganggap bahwa yang datang itu adalah pimpinan kami, tapi ternyata semua pihak juga merasa penting untuk hadirnya seorang pemimpin dunia, pemimpin perdamaian untuk hadir di Indonesia. Ini suatu kehormatan bagi kami, khususnya umat Katolik," kata Robert.

Konferensi ini juga dihadiri pimpinan OKP lintas agama lainnya dari berbagai agama di Indonesia, mulai dari agama Hindu, Budha, Konghucu, Katolik, dan Islam.

Mereka adalah Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan keanggotaan DPP Gemabudhi Anes Dwi Prasetya, Ketua Umum Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia I Gede Ariawan, Sekretaris Umum DPP GAMKI Alan Christian Singkali, Sekjen Generasi Muda Konghucu Indonesia Eduar Oktora, dan Ketua Hubungan Luar Negeri, Pemuda Muhammadiyah Emmaridial Ulzah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement