Kamis 19 Sep 2024 21:29 WIB

Israel Disebut Pindahkan Tentaranya dari Tepi Barat ke Lebanon, Babak Baru Perang Besar?

Israel mengantisipasi kemungkinan perang besar di perbatasan Lebanon

Tentara Israel. Israel mengantisipasi kemungkinan perang besar di perbatasan Lebanon
Foto: VOA
Tentara Israel. Israel mengantisipasi kemungkinan perang besar di perbatasan Lebanon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Sejumlah laporan menyebutkan tentara Israel dilaporkan memutuskan memindahkan pasukannya dari Jalur Gaza dan Tepi Barat ke perbatasan dengan Lebanon pada Kamis (19/9/2024). Hal ini untuk mengantisipasi perang berskala penuh dengan Hizbullah.

Hal ini terjadi setelah 32 orang meninggal dan lebih dari 3.200 orang terluka dalam dua gelombang pemboman telekomunikasi di Lebanon pada hari Selasa dan Rabu. Pemerintah Lebanon dan Hizbullah menuduh Israel sebagai dalang di balik pengeboman tersebut.

Baca Juga

Radio militer Israel mengatakan pada hari Kamis bahwa telah diputuskan untuk memindahkan pasukan tempur militer dari Tepi Barat ke perbatasan dengan Lebanon untuk mengantisipasi perang habis-habisan.

Sebelumnya, surat kabar Israel Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa tentara memutuskan untuk memindahkan Divisi Komando ke-98 dari Gaza ke front utara, sebagai persiapan untuk memperluas perang melawan Hizbullah di Lebanon selatan.

Wall Street Journal mengutip sebuah sumber yang mengatakan bahwa ledakan-ledakan di Lebanon bertepatan dengan pemindahan sebuah Divisi Israel dari Jalur Gaza ke front utara.

Channel 12 Israel melaporkan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Galant telah diberi wewenang untuk mengembalikan peringatan penduduk utara atas permukiman mereka dalam target perang. 

Dalam sebuah pernyataan singkat, Netanyahu mengatakan bahwa mereka akan mengembalikan penduduk utara ke kota-kota mereka “dengan aman” dan menjelaskan bahwa Israel akan memastikan kembalinya puluhan ribu penduduk di daerah perbatasan utara, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan video: “Saya telah mengatakannya sebelumnya, kami akan membawa pulang warga utara dengan selamat dan itulah yang akan kami lakukan.”

Fase baru

Gallant mengatakan bahwa perang memasuki fase baru kemarin, dengan pusatnya bergeser ke perbatasan utara, di mana lebih banyak pasukan dan sumber daya dipindahkan, dengan mencatat bahwa tentara mencapai pencapaian dalam kerja sama dengan badan-badan keamanan lainnya, katanya.

Dalam sebuah pernyataan, tentara Israel mengatakan bahwa pasukan di front utara melanjutkan misi ofensif dan defensif mereka, dan bahwa mereka melakukan latihan yang mensimulasikan manuver di wilayah “musuh”, dan melakukan skenario yang melibatkan evakuasi dari medan perang di bawah tembakan, menurut pernyataan itu.

Komandan Komando Utara IDF Uri Gordin mengatakan bahwa misinya jelas: tentara berkomitmen untuk mengubah realitas keamanan di front utara secepat mungkin.

Sejak 8 Oktober, Hizbullah dan tentara Israel saling bergantian menyerang setiap hari di sepanjang Garis Biru, yang mengakibatkan ratusan orang tewas dan terluka, sebagian besar di pihak Lebanon.

Hizbullah menuntut diakhirinya perang yang menghancurkan yang telah dilancarkan Israel dengan dukungan Amerika Serikat di Jalur Gaza sejak 7 Oktober, yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 136 ribu warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan lebih dari 10 ribu orang hilang, di tengah kehancuran besar-besaran dan bencana kelaparan yang mematikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement