Kamis 15 Aug 2024 06:01 WIB

Kisah Alifa Khairunnisa Adelia Mulai Berjilbab sejak di Paskibraka

Aturan larangan jilbab bagi Paskibraka mengundang kontroversi.

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Hafil
Alifa Khairunnisa Adelia, mantan anggota Paskibraka yang memakai jilbab saat aktif di Paskibraka.
Foto:

"Atas keputusan tersebut orang tua dan teman-teman tidak menyangka dan memberi dukungan. Tapi ternyata setelah berhijab ternyata tetap nyaman. Dan sampai saat ini masih berhijab, mohon doanya saya bisa Istiqomah berhijab. Apalagi saat ini hijab tak menghalangi kegiatan apapun, ada pebasket, perenang yang berhijab," kata lulusan SMAN 4 Tangsel ini.

 

"Untuk Paskibraka setahu saya tak ada larangan berhijab. Kita benar-benar menerapkan Bhineka Tunggal Ika, apapun warna kulit, suku, bahasa, Agama, semua diterima di Paskibra. Non Muslim atau muslim yang tak berhijab juga tidak masalah. Muslim yang berhijab pun tidak masalah," ungkapnya.

 

Kalau ada aturan yang melarang berhijab, itu akan menjadi aneh. "Peserta dari mayoritas muslim dan menggunakan hijab pasti publiknya merasa aneh kalau tiba-tiba saat pengukuhan tidak mengenakan hijab. Jadi untuk adik-adik paskibra yang berhijab jangan takut, hijab bukan penghalang kegiatan apapun termasuk paskibra." 

 

Terkait aturan Paskibraka 2024 yang sempat melarang jilban, menarik perhatian mantan anggota Paskibraka atau purna Paskibraka Alifa Khairunnisa Adelia. Dia menilai  agak aneh dengan kejadian ini. Karena saat dia masih aktif ataupun purna Paskibra tak ada aturan atau larangan peserta paskibra untuk mengenakan hijab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement