Ahad 11 Aug 2024 16:46 WIB

Israel Bantai Jamaah Sholat Subuh, Pejuang Palestina Incar Tentara Bersenjata

Pejuang melontarkan granat RPG ke buldoser D9 Israel.

Tentara Israel membawa rekannya yang terluka di Jalur Gaza.
Foto: IDF
Tentara Israel membawa rekannya yang terluka di Jalur Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA — Pada hari yang sama ketika militer Israel membantai lebih dari seratus jamaah sholat Subuh tak bersenjata di Masjid Al-Tabiin yang berada di dalam kompleks sekolah di Gaza City, faksi Perlawanan Palestina melakukan serangkaian operasi militer pada Sabtu (10/8/2024).

Jika serangan udara Israel mengincar warga sipil tak bersenjata yang sedang menunaikan sholat Subuh, para pejuang Palestina menargetkan pasukan pendudukan Israel bersenjata lengkap di Khan Younis dan Rafah, jalur Gaza pada hari ke-309 perang di Gaza.

Baca Juga

Brigade al-Qassam Hamas meluncurkan salvo peluru artileri roket 107 mm yang menargetkan pasukan pendudukan Israel di sebelah timur Khan Younis pada pukul 18:02 (waktu setempat), Sabtu (10/8/2024). Al-Qassam mengatakan roket tersebut mengakibatkan kebakaran di daerah sasaran.

Di kota paling selatan Jalur Gaza, Rafah, para pejuang al-Qassam menembakkan granat berpeluncur roket (RPG) tandem yang diproduksi secara lokal, al-Yassin, ke buldoser D9 kelas militer Israel. Pasukan Al-Qassam juga terlibat pertempuran sengit dengan pasukan pendudukan di lingkungan Tal al-Sultan di Rafah barat.

Pada Sabtu, pasukan pendudukan Israel menempatkan diri di Rumah Sakit Indonesia di lingkungan yang sama. Para pejuang Perlawanan al-Qassam menembakkan RPG anti-personil dan RPG termobarik ke arah pasukan Israel. Helikopter penyelamat militer Israel mendarat di daerah tersebut untuk mengevakuasi tentara yang tewas dan terluka.

Pejuang Al-Qassam juga menembaki seorang tentara Israel di desa al-Soweida di barat daya Tal al-Sultan. Brigade Al-Qassam mempublikasikan rekaman penyergapan kompleks di Rafah.

Faksi Perlawanan Palestina lainnya ikut dalam serangan terhadap pasukan pendudukan Israel, termasuk Brigade al-Mujahidin dan Brigade Martir al-Aqsa.

Brigade al-Mujahidin menembakkan dua roket Haseb-111 ke Poros Netzarim. Mereka menargetkan pasukan Israel yang menduduki wilayah yang memisahkan jalur Gaza utara dari wilayah terkepung lainnya.

Brigade Martir al-Aqsa menembaki pasukan lapis baja dan infanteri pendudukan Israel di kamp pengungsi Yibna di Rafah dengan mortir 60 mm.

Unit Media Militer Brigade Al-Qassam juga merilis rekaman operasi yang menargetkan 9 tentara pendudukan Israel di Tal al-Sultan, Rafah, pada Jumat. Serangan tersebut mengakibatkan beberapa korban jiwa di antara pasukan, yang dikonfirmasi dengan kedatangan helikopter penyelamat Israel untuk mengangkut tentara yang tewas dan terluka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement