Selasa 30 Jul 2024 09:08 WIB

Selebgram Meninggal Usai Operasi di Klinik Kecantikan, Apa Hukum Sedot Lemak dalam Islam?

Penyedotan lemak dengan operasi dinilai boleh untuk pengobatan, bukan kecantikan.

Rep: Nashih Nasrullah/ Red: A.Syalaby Ichsan
Dokter bersiap untuk melakukan tindakan sedot lemak (ilustrasi). Sedot lemak merupakan prosedur bedah kosmetik yang digunakan untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan.
Foto: Dok. Freepik
Dokter bersiap untuk melakukan tindakan sedot lemak (ilustrasi). Sedot lemak merupakan prosedur bedah kosmetik yang digunakan untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Viral di media sosial nasib tragis yang dialami seorang perempuan asal Medan berinisial ENS (30 tahun). ENS yang merupakan selebgram diketahui meninggal dunia usai menjalani operasi sedot lemak di salah satu klinik kecantikan di Depok, Jawa Barat. Jasad ENS sudah dikebumikan di Langkat, Sumatra Utara. Saat ini, pihak kepolisian sedang mendalami kasus tersebut.  

Praktik sedot lemak juga menjadi salah satu pembahasan dalam perspektif syariah. Ismail Marhaba dalam Al-Bunuk ath-Tibbiyyah al-Basyariyyah wa Akhamuha al-Fiqhiyyah,  menegaskan, tak sembarang metode pengurangan ataupun penambahan berat badan dianggap sah dalam kaidah syariah.

Baca Juga

Salah satunya yang dipersoalkan ialah sedot ataupun suntik lemak. Metode ini dilakukan dengan pengurangan ataupun penambahan lemak di bagian tertentu yang diinginkan.

Ia menguraikan, jika sedot ataupun suntik lemak tetap dilakukan dengan cara operasi, padahal memungkinkan untuk ditempuh dengan cara alami lainnya maka hukumnya tidak boleh. Ini seperti dinukilkan oleh para pakar fikih kontemporer, seperti Prof Mahmud Ali as-Sarthawi dalam bukunya Hukm at-Tasyrikh wa jarahat at tajmil.

Sedangkan, kasus yang kedua yaitu penyedotan atau penyuntikan lemak melalui jalan operasi pembedahan boleh dilakukan karena alasan darurat. Ini dengan catatan bila tidak terdapat metode lain yang tepat dan hanya ditempuh atas alasan pengobatan. Bukan karena alasan kecantikan atau lainnya. Para pakar fikih masa kini sepakat akan hal ini.

photo
Liposuction merupakan tindakan medis untuk menghilangkan lemak di area tertentu (Foto: ilustrasi sedot lemak) - (Pxhere)

Lain halnya, bila operasi di atas ditujukan unyuk kecantikan atau bukan karena faktor pengobatan. Para ulama berbeda pendapat. Mayoritas ahli fikih masa kini tidak memperbolehkannya. Sedot atau suntik lemat dengan cara operasei pembedaan yang bertujuan bukan untuk pengobatan tidak boleh dilakukan.

Sejumlah nama setuju dengan pandangan ini, antara lain, Prof Muhammad bin Muhammad al-Mukhtar as-Syanqithi, Syekh Yusuf al-Qaradhawi, Syekh Hisamuddin Affanah, Syekh Usamah as-Shabagh, Syekh Adil Abd al-Jabbar.

Kubu yang kedua berpandangan dalam konteks kasus terakhir, hukumnya boleh saja dilakukan dengan syarat tertentu. Operasi itu, misalnya, harus tidak menimbulkan efek negatif bagi pasien, tidak mengubah bentuk fisik yang asli, dan tujuannya bukan untuk penguatan pergantian kelamin. Ini merupakan opsi yang dipilih oleh Prof Muhammad Utsman Syabir dalam risetnya yang berjudul Ahkam Jirahat at-Tajmil.

 

Penambahan berat badan atau pengurangan.. 

 

 

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement