Jumat 26 Jul 2024 15:14 WIB

International Islamic Expo 2024 Dibuka, Ratusan Pengusaha Haji dan Umroh Hadir

Para pengusaha travel haji dan umroh bertukar ide tentang wisata Muslim.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
JAKARTA -- Wakil Menteri Agama RI, KH Saiful Rahmat Dasuki (tengah) secara resmi membuka Internasional Islamic Expo 2024 di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta, Jumat (26/7/2024).
Foto:

Sebagai penyelenggara acara, Chairman Alia Company Joko Asmoro menjelaskan, ini menjadi sebuah forum pertukaran ide baru antara para praktisi pariwisata muslim, pengambil kebijakan umrah dan haji, praktisi hotel, sellers and buyers, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pameran ini juga akan menawarkan paket umroh, haji dan wisata muslim kepada para pengunjung dengan memberikan penawaran harga yang terbaik. 

 "Acara ini adalah pertemuan para pengusaha umrah, haji, dan wisata muslim baik dari Asia, dari Central Asia, Timur Tengah, Afrika, bahkan Eropa," kata mantan Ketua Umum Amphuri ini. 

Dalam pertemuan ini, tambah dia, para pengusaha travel umrah dan haji akan bertukar ide bagaimana agar wisata Muslim ini menjadi sesuatu gerakan yang saling melengkapi, khususnya untuk penyelenggaraan haji dan umrah yang dari tahun ke tahun semakin luar biasa. 

"Kita tidak hanya bicara tentang market, tapi kita bicara bagaimana kerjasama ke depan yang lebih baik antara para stakeholder daripada penyelenggaraan wisata muslim, pembukaan-pembukaan destinasi muslim, dan pertukaran ide-ide yang lainnya," jelas Joko. 

Selain kegiatan pameran, dalam acara ini juga digelar konferensi internasional untuk haji, umroh dan wisata Muslim. Para pembicara diantaranya adalah Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Otoritas Haji Arab Saudi dan para Muasasah Haji yang melayani jamaah haji dari berbagai kawasan dunia. 

Pada Jumat (26/7/2024) malam nanti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia juga mengadakan jamuan makan malam yang dihadiri tamu Undangan delegasi internasional dari berbagai negara. Akan hadir lebih dari 500 pengusaha internasional dan duta besar beberapa negara untuk memperkenalkan atraksi budaya Indonesia dan khususnya produk ekonomi kreatif yang akan mendukung dari kegiatan pariwisata muslim, umrah dan haji. 

Suksesnya penyelenggaraan International Islamic Expo selama 14 tahun berturut-turut ini telah menjadikan kegiatan ini sebagai pameran Internasioal Islamic Expo yang terbaik dan terbesar di Kawasan Asia Tenggara. 

Sementara itu, Direktur BPKH Limited Sidiq Haryono mengatakan, acara pameran ini menjadi exposure yang baik untuk ekosistem haji dan umrah. Menurut dia, sudah saatnya ada multiplier effect dalam aktifitas ibadah haji yang benefitnya dapat kembali ke tanah air.

 "Sudah saatnya indonesia tidak lagi hanya menjadi market, tapi juga bisa menjadi pihak yang bisa menentukan kualitas dan layanannya sendiri," kata Sidiq kepada Republika.co.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement