Senin 16 Sep 2024 21:24 WIB

Ada 430 Ribu Misionaris Kristen di Dunia, Begini Kisah Mereka Jalankan Misi di Afghanistan

Sebagian misionaris Kristen beroperasi di Afghanistan

Ilustrasi Afghanistan. Sebagian misionaris Kristen beroperasi di Afghanistan
Foto: AP/Mohammed Shoaib Amin
Ilustrasi Afghanistan. Sebagian misionaris Kristen beroperasi di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Media yang berbasis di Australia, ABC, menerbitkan sebuah laporan tentang keberadaan misionaris Kristen di Afghanistan, negeri para mullah.

Dikatakan bahwa pada 2008, jurnalis Adriana Carranca tinggal di Kabul dan meliput perang di Afghanistan, ketika ia mendengar tentang sebuah toko pizza lokal yang dikelola oleh sesama orang Brasil.

Baca Juga

Dia mengatakan, pada saat itu, Brasil tidak memiliki hubungan apa pun dengan Afghanistan. Kedua negara tidak terlibat dalam perdagangan komersial, dan tidak ada hubungan diplomatik. Jadi, gagasan bahwa pasangan Brasil, dengan dua anak kecil di belakangnya, memilih Kabul, dari semua tempat, untuk membuka bisnis makanan, baginya sangat aneh.

“Saya seperti, 'Oh tidak... Mereka mungkin pengedar narkoba,” katanya kepada Laporan Agama dan Etika ABC Radio National.

“Saat itu di tengah-tengah perang, sangat tidak mungkin seseorang melakukan perjalanan jauh-jauh dari Brasil ... untuk menetap di Afghanistan dan menjalankan bisnis pengiriman pizza.”

Ms Carranca mulai memesan pizza dan mengajukan pertanyaan, tetapi keluarga tersebut menolak untuk membuka diri. Dia kembali ke Brasil dan terus menelepon. Akhirnya, sang suami, Luiz, memberikan tawaran kepada Nona Carranca:

“Apakah Anda benar-benar ingin tahu apa yang saya lakukan di Afghanistan? Datanglah mengunjungi kami.”

Pada 2011, ia menghabiskan waktu berbulan-bulan bersama keluarga itu, dan menemukan bahwa kedai pizza itu memang hanya kedok. Luiz sedang dalam misi penyamaran untuk menyebarkan agama Kristen evangelis.

Apa itu misionaris?

Ada sekitar 430 ribu misionaris Kristen asing, menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam International Bulletin of Mission Research.

BACA JUGA: Media Barat Ini Bongkar Praktik Kawin Kontrak Alias Nikah Mutah di Puncak, Begini Faktanya

Mereka adalah orang-orang yang dikirim untuk menjalankan tugas pendidikan, filantropi, atau kemanusiaan di negara asing, tetapi umumnya prioritasnya adalah untuk mempromosikan agama Kristen.

Menurut Cristina Rocha, seorang antropolog budaya dan direktur Cluster Penelitian Agama dan Masyarakat di University of Western Sydney, penginjilan - atau menyebarkan 'Kabar Baik' - adalah inti dari kekristenan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement