Rabu 17 Jul 2024 11:48 WIB

Masjid Istiqlal Undang Lembaga Pro-Israel? Ini Klarifikasi Takmir

Acara yang sedianya digelar di Perpustakaan Masjid Istiqlal ini dibatalkan.

Tangkapan layar laman AJC.
Foto: dok AJC
Tangkapan layar laman AJC.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Poster yang menampilkan undangan kegiatan di Masjid Istiqlal, Jakarta, beredar melalui aplikasi percakapan belakangan ini. Dalam gambar yang ada, tampak Voice of Istiqlal mengadakan seminar bertajuk "Relations Among Abrahamic Religious Communities in History and Today" (Hubungan di Antara Komunitas-komunitas Keagamaan Ibrahim Dalam Sejarah dan Masa Kini).

Itu sedianya digelar pada hari ini, Rabu (17/7/2024), pukul 15.30 WIB di Perpustakaan Masjid Istiqlal, Jakarta. Seminar tersebut menjadwalkan kehadiran Dr Ari Gordon, Direktur Bidang Hubungan Muslim-Yahudi. Ia berasal dari American Jewish Committee atau AJC, lembaga global yang kencang menyuarakan dukungan untuk Israel dan zionisme.

Baca Juga

Dikonfirmasi perihal undangan seminar tersebut, Ketua Takmir Masjid Istiqlal Jakarta KH Adnan Harahap mengaku tidak tahu-menahu. Menurut dia, pihaknya tidak mengetahui perihal informasi bahwa Voice of Istiqlal mengundang seorang tokoh AJC untuk mengisi seminar.

"Tidak tahu. Tidak dapat informasinya," kata KH Adnan Harahap saat dihubungi Republika, Rabu (17/7/2024) pagi.

Senada, KH. Bukhori Sail Attahiri, seorang pejabat Badan Pengelola Masjid Istiqlal pun tidak mengetahui tentang acara tersebut. "Maaf, Saya tidak tahu tentang acara ini," ujarnya kepada Republika, Rabu (17/7/2024).

Republika telah mencoba menghubungi Voice of Istiqlal untuk meminta konfirmasi via akun Instagram resminya. Namun, hingga laporan ini ditulis, belum ada respons.

Acara batal...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement