Jumat 28 Jun 2024 17:45 WIB

Melacak Jejak Syiar Islam di Maluku

Orang Arab sejak zaman pra-Islam sudah mencapai Maluku untuk dapatkan rempah-rempah.

Pemandangan matahari terbenam di Pantai Kastel, Kecamatan Ternate Pulau, Kota Ternate, Maluku Utara.
Foto:

Narasi silsilah raja-raja Tidore dan Ternate mencantumkan nama Syahadati sebagai pemimpin Tidore yang pertama. Dia naik takhta pada 12 Rabiul Awwal 502 Hijriah atau awal abad ke-12.

Menurut Hamka, Islam menjadi agama resmi ketika Ciri Iilijati berkuasa. Dia merupakan sultan kesembilan (sumber lain menyebut: sultan ke-11) Kerajaan Tidore.

Sementara itu, raja pertama Ternate bernama Maloma. Negeri ini mengakui resmi agama Islam sejak sultan ke-19 Ternate, Zainal Abidin, berkuasa. Geliat dakwah Islam di Ternate juga dirintis Sunan Giri dari Gresik (Jawa).

Hikayat tersebut juga menuturkan silsilah raja-raja Jailolo. Pemimpin pertamanya bergelar Darajati. Kalangan istana Jailolo mulai memeluk Islam sejak zaman raja kesembilan, Hasanuddin.

photo
Kapal Eropa memasuki kawasan perairan Kesultanan Ternate. - (dok wiki)

Beberapa periode kemudian, pamor Kerajaan Jailolo mulai pudar akibat ekspansi Tidore dan Ternate. Kerajaan Bacan pun bernasib sama dengan Jailolo. Menurut Hamka, narasi tentang silsilah raja-raja Bacan tidak begitu lengkap sehingga sukar ditelusuri.

Selain hikayat-hikayat yang muncul di Maluku, ada pula catatan tertulis dari kitab Sejarah Melayu. Isinya menerangkan antara lain Sultan Alauddin Riayat, penguasa Malaka pada abad ke-15, menerima kedatangan Sultan Maluku di istananya.

Dengan demikian, kurun waktu tersebut dapat dikatakan sebagai tonggak berdirinya daulah Islam di Maluku. Sumber lainnya berasal dari kesaksian penjelajah Portugis Tome Pires (meninggal 1540). Dalam karyanya Suma Oriental, dia menyebutkan Islam telah menyebar di Maluku, utamanya Banda, Hitu, Makian, dan Bacan, kira-kira 50 tahun sebelum kedatangan bangsa Portugis pada 1512.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement