Kamis 20 Jun 2024 11:42 WIB

Israel Meradang Hizbullah Rilis Video Kompleks Militer, Siap All Out Lawan Hizbullah

Video tersebut konon diambil dengan pesawat tak berawak.

Lokasi permukiman Israel dalam video yang dirilis Hizbullah.
Foto:

Dalam tanggapannya, Katz juga menggarisbawahi dampak global dari setiap potensi serangan terhadap Haifa. “(Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan) Nasrallah hari ini membual bahwa dia memotret pelabuhan Haifa, yang dioperasikan oleh perusahaan internasional besar dari Cina dan India, dan mengancam akan merusaknya,” katanya.

AS dan sekutunya selama berbulan-bulan telah memperingatkan Hizbullah agar tidak meningkatkan konflik di Israel. Ketegangan meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

BACA JUGA: Kisah Dakwah Ulama di 'Kampung Maling'

Analisis CNN telah melakukan geolokasi video tersebut ke sejumlah lokasi di sekitar Haifa. Lokasi-lokasi tersebut mencakup sejumlah daerah sensitif, termasuk setidaknya dua instalasi militer: sebuah pangkalan di Haifa utara dan pelabuhan Haifa. Drone tersebut juga terbang di atas tangki minyak yang berada di utara Haifa, bandara Haifa, dan beberapa daerah permukiman.

CNN juga menganalisis bayangan dalam video tersebut, yang menunjukkan misi drone di Haifa berlangsung beberapa jam atau berlangsung selama beberapa hari. Analisis menunjukkan bagian-bagian video telah dipercepat.

Pakar senjata Wim Zwijnenburg, pemimpin proyek perlucutan senjata kemanusiaan di organisasi perdamaian Belanda PAX, mengatakan kepada CNN bahwa drone yang terlihat dalam rekaman tersebut tampaknya adalah model Qasaf-2k asal Iran. Drone tersebut kemungkinan diproduksi secara lokal.

Baca di halaman selanjutnya...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement