Kamis 20 Jun 2024 07:10 WIB

Mengenal Ulama Masyhur dari Albania, Syekh al-Albani

Berasal dari Albania, Syekh al-Albani merupakan peneliti hadis pada abad ke-20.

Syekh al-Albani
Foto: tangkapan layar wikipedia
Syekh al-Albani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Albania merupakan sebuah negara di Benua Eropa dengan jumlah penduduk Muslim yang signifikan. Bukan hanya tentang perkara demografis, negara yang beribu kota di Tirana itu juga melahirkan sejumlah ulama kelas dunia.

Di antara para cendekiawan Muslim dari Albania adalah Abu Abdirrahman Muhammad Nashiruddin bin Nuh. Peneliti hadis itu lebih masyhur dengan sebutan Syekh al-Albani. Ia lahir pada 16 Agustus 1914 atau 1333 Hijriyah di Ashqodar, ibu kota Albania pada masa lampau.

Baca Juga

BACA JUGA: Kisah Si Penghuni Neraka, Berzikir 40 Ribu Tahun

Keluarganya termasuk kalangan dengan ekonomi pas-pasan. Bagaimanapun, kedua orang tuanya memiliki latar sebagai penuntut ilmu-ilmu agama.

 

Ayah al-Albani, Haji Nuh, adalah alumnus lembaga pendidikan ilmu-ilmu syariat di Istanbul. Ketika Ahmad Zagho berkuasa di Albania, Haji Nuh menjadi cemas. Sebab, penguasa tersebut mengubah sistem pemerintahan menjadi sekuler. Maka, Nuh memboyong keluarganya untuk berhijrah dari Albania ke Syam (Suriah), tepatnya Damaskus.

Muhammad Nashiruddin alias al-Albani pun mengenyam pendidikan dasar di kota tersebut. Mula-mula, ia mendalami penguasaan bahasa Arab pada madrasah yang dikelola Jum'iyah al-Is'af al-Khairiyah. Di sanalah ia terus menempuh studi sampai level ibtidaiyah.

Selanjutnya, al-Albani belajar langsung kepada para syekh terkenal di seputar Damaskus. Disiplin fikih yang dipelajarinya terutama bermazhab Hanafi.

Sebagai mata pencaharian, ayahnya bekerja membetulkan arloji. Di sela-sela kesibukannya belajar, al-Albani pun mempelajari keterampilan tersebut hingga mahir. Kelak, itulah yang menjadi pekerjaannya di masa dewasa.    

Saat berusia 20 tahun, al-Albani muda mulai berfokus pada ilmu hadis lantaran terkesan dengan pembahasan-pembahasan yang ada dalam majalah Al-Manar. Media ini diterbitkan oleh seorang tokoh modernisme Islam, Syekh Muhammad Rasyid Ridha.

Pada tahap-tahap awal studi, al-Albani menyalin sebuah kitab berjudul Al-Mughni'an Hamli al-Asfar fi Takhrij maa fi al-Ishabah min al-Akhbar. Itu karya al-Iraqi, berupa takhrij terhadap hadis-hadis yang termuat dalam Ihya` Ulumuddin al-Ghazali.

Baca di halaman selanjutnya...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement