Kamis 20 Jun 2024 09:19 WIB

Jamaah Haji Kloter Ini Kembali ke Indonesia pada Senin

Pemulangan jamaah haji RI ke Tanah Air dilakukan secara bertahap.

Jamaah haji Indonesia yang mengambil Nafar Tsani mulai bergeser dari Mina menuju hotelnya masing-masing pada Rabu (8/6/2024).
Foto: Republika
Jamaah haji Indonesia yang mengambil Nafar Tsani mulai bergeser dari Mina menuju hotelnya masing-masing pada Rabu (8/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan menyatakan, sebanyak 360 orang jamaah haji dari Kabupaten Asahan, Sumatra Utara, akan kembali ke Indonesia pada Senin, 24 Juni 2024. Mereka berasal dari Kelompok Terbang (Kloter) 1 Asahan.

"Jamaah ini akan tiba di Bandara Internasional Kualanamu pada Senin (24/6) pukul 1.55 WIB," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Humas PPIH Embarkasi Medan, Imam Mukhair, kepada kantor berita Antara di Medan, Sumatra Utara, Rabu (19/6/2024).

Baca Juga

Sejak Ahad (23/6/2024) nanti, jamaah haji Kloter 1 Asahan itu akan diterbangkan via Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. Mereka berangkat pada hari itu pukul 12.45 waktu Arab Saudi (WAS).  

Menurut Imam Mukhair, jamaah Kloter 1 Asahan ini begitu sampai di Bandara Kualanamu dan turun dari pesawat Garuda Indonesia memerlukan waktu sekitar dua jam. Untuk selanjutnya, mereka akan bertolak ke Asrama Haji Medan.

 

 

"Kalau kepulangan, baik di Kualanamu maupun asrama haji tidak ada penyambutan kepala daerah asal. Paling kita (PPIH Debarkasi Medan --Red) yang menyambut mereka," tuturnya.

 

Imam memperkirakan, usai pelaksanaan shalat subuh di Asrama Haji Medan, sebanyak 360 orang haji itu akan diberangkatkan ke Kabupaten Asahan. Dari sana, mereka dapat berjumpa dengan sanak famili masing-masing.

 

Data PPIH Embarkasi Medan menyebutkan, sebanyak 8.618 orang jamaah asal Sumatra Utara tergabung dalam 25 kloter. Mereka telah diterbangkan ke Arab Saudi dengan menggunakan pesawat maskapai Garuda Indonesia.

 

Tercatat hingga hari Rabu (19/6/2024), ada sembilan orang jamaah haji dari tujuh kabupaten/kota Sumatra Utara yang wafat di Tanah Suci pada musim haji 1445 H/2024 M. Imam berharap, seluruh jamaah meraih predikat mabrur dan hajinya diridhai Allah SWT.

 

"Kepulangan jamaah haji dari 33 kabupaten/kota di Sumatra Utara akan dilakukan bertahap hingga Selasa, 23 Juli 2024, pukul 19.23 WIB," jelas Imam.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement