Rabu 19 Jun 2024 08:52 WIB

Viral Video Jenazah Jamaah Haji Bergelimpangan di Jalan, Begini Laporan Guardian

Sejauh ini diperkirakan ada 550 jamaah meninggal akibat panas saat puncak haji.

Tangkapan layar video jenazah jamaah di jalan
Foto:

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam. Semua umat Islam yang mampu wajib untuk pergi menunaikan ibadah haji setidaknya satu kali seumur hidupnya.

Meski demikian, ibadah haji semakin dipengaruhi oleh dampak perubahan iklim, menurut sebuah penelitian di Saudi yang diterbitkan bulan lalu. Penelitian tersebut mengatakan bahwa suhu di daerah tempat ibadah dilakukan meningkat 0,4C (0,72F) setiap dekade.

photo
Cuaca panas di Arab Saudi. - (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Suhu mencapai 51,8C di Masjidil Haram di  Makkah pada Senin, kata pusat meteorologi nasional Saudi. Wartawan AFP di Mina, di luar  Makkah, pada Senin melihat jamaah menuangkan botol air ke atas kepala mereka ketika para relawan membagikan minuman dingin dan es krim coklat yang cepat meleleh untuk membantu mereka tetap tenang.

 

Pejabat Saudi telah menyarankan jamaah untuk menggunakan payung, minum banyak air dan menghindari paparan sinar matahari selama jam-jam terpanas di siang hari. Meski demikian, ritual ibadah haji termasuk wukuf di Arafah yang berlangsung pada Sabtu lalu, dilakukan di luar ruangan selama berjam-jam pada siang hari.

Saudi klaim layanan kesehatan berjalan sukses..

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement