Ahad 16 Jun 2024 11:34 WIB

Berapa Jumlah Total Jamaah yang Berhaji Tahun Ini? Berikut Data Resmi dari Arab Saudi

Jumlah jamaah haji dari negara-negara Asia selain Arab mencapai 63,3 persen.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Umat Muslim berjalan menuju Arafah untuk melakukan wukuf saat pelaksanaan puncak ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, Sabtu (15/6/2024). Jutaan umat muslim berkumpul di Padang Arafaf untuk melaksanakan prosesi wukuf.
Foto: AP Photo/Rafiq Maqbool
Umat Muslim berjalan menuju Arafah untuk melakukan wukuf saat pelaksanaan puncak ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, Sabtu (15/6/2024). Jutaan umat muslim berkumpul di Padang Arafaf untuk melaksanakan prosesi wukuf.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH — Badan Umum Statistik (Gastat) pada Sabtu (15/6/2024)  mengumumkan angka resmi jumlah total jamaah haji tahun ini.

Sebanyak 1.833.164 jamaah haji datang dari dalam dan luar negeri untuk menunaikan ibadah haji tahunan. Jumlah tersebut termasuk 1.611.310 jamaah asing dan 221.854 jamaah dalam negeri, baik warga negara maupun ekspatriat, kata Gastat dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Saudi Press Agency.

Baca Juga

Otoritas Saudi menyebutkan total jamaah laki-laki luar dan dalam negeri berjumlah 958.137 orang, sedangkan jumlah jamaah perempuan mencapai 875.027 orang. Mengenai persentase jamaah haji yang datang dari seluruh dunia, laporan tersebut menyebutkan bahwa jumlah jamaah haji dari negara-negara Arab mencapai 22,3 persen, sedangkan jumlah jamaah haji dari negara-negara Asia selain negara-negara Arab mencapai 63,3 persen.

 

Jumlah jamaah haji dari negara-negara Afrika selain negara-negara Arab mencapai 11,3 persen, sedangkan jumlah jamaah haji dari negara-negara Eropa, Amerika, Australia, dan negara-negara lain yang tidak terklasifikasi mencapai 3,2 persen.

Dikutip dari Saudi Gazette pada Ahad (16/6/2024), Gastat menjelaskan bahwa mayoritas lebih dari 1,5 juta peziarah atau jamaah haji datang melalui udara. Jumlah jamaah haji asing yang mendarat melalui bandara Arab Saudi mencapai 1.546.345 orang, 60.251 orang datang melalui pelabuhan darat, dan 4.714 orang tiba melalui pelabuhan laut.

Patut dicatat bahwa Gastat mengeluarkan data statistik dan indikator musim haji tahun 2024 atau 1445 Hijriyah. Angka tersebut didasarkan pada data catatan administratif, dan menganggapnya sebagai sumber data utama. Buletin Statistik Haji yang dikeluarkan otoritas Saudi menunjukkan jumlah total jamaah, dan pembagiannya berdasarkan jenis kelamin, kebangsaan, dan moda transportasi.

Gastat adalah satu-satunya referensi statistik resmi untuk data dan informasi statistik di Arab Saudi. Lembaga ini melaksanakan semua pekerjaan statistik dan secara teknis mengawasi sektor statistik, selain merancang dan melaksanakan survei lapangan, melakukan studi dan penelitian statistik, menganalisis data dan informasi, dan semua pekerjaan dokumentasi.

Dari fast track hingga batik...

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement