Sabtu 15 Jun 2024 20:22 WIB

Kisah Turbo, Sapi Kurban Presiden Jokowi Milik Anggota TNI

Presiden Jokowi membeli sapi Turbo seharga Rp100 juta.

Sapi jenis simental bernama Turbo milik Tasdir akhirnya terpilih menjadi hewan kurban Presiden Joko Widodo.
Foto:

Menurut rencana, Turbo akan diserahkan langsung oleh pejabat Pemprov Sulawesi Selatan yakni Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Andi Erwin Terwo kepada Pemkab Bone. Dari Pemkab Bone kemudian diserahkan kembali ke pengurus Masjid Palengoreng Kelurahan Biru, Kecamatan Tanete Riattang, untuk dikurbankan di lokasi itu pada 17 Juni 2024.

Proses pengantaran Turbo ke lokasi juga tidak sembarangan. Sapi tersebut baru akan diantarkan ke lokasi pada Minggu (16/6/2024) atau sehari sebelum pelaksanaan Hari Raya Idul Adha.

Adapun alasannya karena Turbo yang merupakan sapi jenis simental gampang atau mudah stres. Ada kekhawatiran sapi tersebut tidak selera makan jika melihat banyak orang, yang diperkirakan akan datang melihat langsung karena sapi kurban tersebut merupakan bantuan dari Kepala Negara.

Sementara sapi simental yang secara alamiah memiliki hobi makan, butuh suasana tenang dan nyaman. Sebaliknya jika kondisi ramai, ia bisa stres sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi kesehatannya. Oleh karena itu, Maka diputuskan bahwa sapi diantarkan ke lokasi tujuan jelang pelaksanaan kurban.

Selain itu, jarak lokasi peternakan sapi dan masjid tempat penyembelihan hewan kurban juga cukup dekat, hanya berjarak kurang lebih 10 kilometer. Diperkirakan proses pengantaran Turbo ke lokasi tujuan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Pemilik bangga

Sebagai pemilik, perasaan Tasdir bercampur aduk. Ada senang dan bangga, namun juga rasa sedih karena harus berpisah dengan sapi yang dipelihara sejak bertahun-tahun. Rasa bangga muncul karena sapinya dibeli Presiden Jokowi untuk kemudian disumbangkan kepada masyarakat Kabupaten Bone.

Meski hanya sebagai pekerjaan sampingan atau sekadar hobi, kerja keras dan ketekunan Tasdir merawat Turbo seolah terbayarkan dengan terpilihnya menjadi hewan kurban Presiden Jokowi. Hal ini juga telah membuktikan bahwa jika peternak serius memelihara hewan maka hasil yang didapatkan juga akan sepadan.

Tasdir begitu sabar....

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement