Sabtu 15 Jun 2024 20:22 WIB

Kisah Turbo, Sapi Kurban Presiden Jokowi Milik Anggota TNI

Presiden Jokowi membeli sapi Turbo seharga Rp100 juta.

Sapi jenis simental bernama Turbo milik Tasdir akhirnya terpilih menjadi hewan kurban Presiden Joko Widodo.
Foto: Dok Polres Bantul
Sapi jenis simental bernama Turbo milik Tasdir akhirnya terpilih menjadi hewan kurban Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Sapi jenis simental bernama Turbo milik Tasdir akhirnya terpilih menjadi hewan kurban Presiden Joko Widodo. Sapi dengan berat jumbo ini akan dipotong, lalu dagingnya dibagikan saat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024.

Selain menjalani tugas sebagai TNI, Tasdir  sejak lama memang memiliki hobi beternak di Kelurahan Watang Palakka, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. 

Baca Juga

Sapi yang dibeli seharga Rp 100 juta ini memiliki keunikan dan keistimewaan sehingga akhirnya terpilih sebagai hewan kurban Presiden Jokowi. Proses seleksi hewan kurban ini hasil seleksi dari puluhan sapi dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Selain bobotnya mencapai 1 ton 50 kg, Turbo juga memiliki keunggulan dibandingkan sapi yang lain. Sapi berusia 4 tahun 10 bulan ini mampu melewati berbagai pengujian yang dilakukan Kementerian Peternakan (Kementan) bersama Dinas Peternakan Sulsel dan Distak Pemkab Bone, hingga Balai Besar Veteriner Kementerian Pertanian di Kabupaten Maros, sebelum penentuan kelayakan menjadi hewan kurban Presiden Joko Widodo.

 

Turbo pada uji kesehatan pertama dan kedua, yang meliputi sejumlah pengujian, mulai dari cek kondisi fisik hingga sampel darah, dinilai layak menjadi hewan kurban. Turbo akhirnya mendapatkan kartu keterangan sehat dari tim pemeriksa kesehatan hewan.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bone, Andi Musafir, mengatakan pemeriksaan kesehatan dilakukan dalam dua tahap. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim memang sangat ketat agar mendapatkan sapi terbaik untuk dikurbankan pada hari Idul Adha tahun ini.

Sapi tersebut telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan layak untuk dikurbankan. Bahkan ada tim seleksi dari Staf Kepresidenan dan Pemprov Sulsel yang diturunkan secara khusus untuk mendapat sapi terbaik untuk disumbangkan di daerah itu.

"Banyak syarat yang harus dilewati agar bisa terpilih, termasuk bobot sapi yang minimal 800kg. Turbo bahkan memiliki berat 1 ton 50 kg," katanya.

Setelah terpilih, Turbo kemudian diputuskan dikembalikan ke pemilik sebelumnya untuk dirawat dan dijaga hingga menjelang hari kurban tiba. Keseriusan Tasdir merawat dan memberi makan terbaik untuk Turbo menjadi salah satu alasan mengapa dititipkan ke pemilik sebelumnya.

Sapi tersebut kini dalam pengawasan dari sang pemilik sapi didampingi tim dinas kesehatan hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten Bone, sambil menunggu acara penyerahan secara resmi dari pihak Pemerintah Provinsi Sulsel ke Pemkab Bone.

Turbo akan diserahkan....

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement