Kamis 13 Jun 2024 17:54 WIB

Memaknai Kebahagiaan Melalui Ibadah: Jadwal Sholat Hari Ini, 13 Juni 2024 di Bandung

Menjaga sholat pada waktunya adalah salah satu bentuk kedisiplinan.

 Menjaga sholat pada waktunya adalah salah satu bentuk kedisiplinan. Foto:  Masjid (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Menjaga sholat pada waktunya adalah salah satu bentuk kedisiplinan. Foto: Masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bandung, kota kembang, sekali lagi diselimuti oleh keteduhan dan kesejukan. Di tengah rutinitas sehari-hari, umat muslim di Bandung diingatkan untuk melaksanakan sholat tepat waktu sebagai bagian dari kewajiban dan ibadah kepada Allah SWT. Maka dari itu, dalam artikel ini kami membahas pentingnya sholat serta menyajikan jadwal sholat untuk 13 Juni 2024 bagi warga Bandung.

Al-Qur’an dalam Surah Al-Baqarah ayat 238 mengingatkan kita tentang pentingnya menjaga sholat, terutama sholat tengah (Sholat Asar). Allah SWT berfirman:

Baca Juga

"Peliharalah segala sholatmu, dan (peliharalah) sholat wustha. Berdirilah karena Allah (dalam sholatmu) dengan khusyu'." (QS. Al-Baqarah: 238).

Sebagai umat Islam, menjaga sholat pada waktunya adalah salah satu bentuk kedisiplinan yang paling mendasar dalam kehidupan seorang muslim. Hal ini pula yang ditegaskan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 

"Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya. Allah berkata kepada malaikat-Nya (sedangkan Dia Maha Mengetahui), 'Periksalah sholat hamba-Ku, sudah sempurnakah ataukah ada kekurangan?' Jika sholatnya sempurna, maka dituliskan baginya pahala yang sempurna. Namun jika terdapat kekurangan pada sholat wajibnya, Allah berkata, 'Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah?' Jika terdapat sholat sunnah, Allah berkata, 'Sempurnakanlah untuk hamba-Ku (pahala) sholat wajibnya dengan sholat sunnahnya.' Kemudian amalan lainnya dihisab dengan cara demikian." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Melalui pengingat akan pentingnya ibadah sholat, berikut adalah jadwal sholat untuk 13 Juni 2024 bagi umat Muslim di Bandung (Waktu Indonesia Barat):

- Shubuh: 04:36

- Dhuhur: 11:53

- Ashar: 15:14

- Maghrib: 17:44

- Isya: 18:58

Memaknai kembali ibadah sholat sebagai cara mendekatkan diri kepada Sang Pencipta bukan hanya menunjukkan ketaatan tetapi juga merupakan wujud dari ketenangan batin yang diinginkan oleh setiap individu. Dalam kesibukan sehari-hari, sholat menjadi waktu istirahat spiritual yang menenangkan hati dan pikiran.

Sebagai penutup, marilah kita bersama-sama menjaga sholat kita dan melaksanakannya dengan penuh khusyu’. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi kita dengan kemudahan dalam menjalani setiap ibadah kita.

Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi oleh Redaksi.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement