Kamis 13 Jun 2024 06:35 WIB
Laporan langsung dari Makkah, Arab Saudi

Ditangkap Polisi Makkah, Ini Pengakuan Arteria Dahlan Soal Dokumen Perjalanannya di Saudi

Arteria ditangkap Polisi Saudi saat mengambil miqat di tan'im.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Arteria Dahlan ketika diwawancarai awak media di Gedung MK, Jakarta, Kamis (15/6/2023).
Foto:

Sebagai anggota DPR RI, Arteria Dahlan berhak memegang paspor diplomatik. Berdasarkan  UU nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian dan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 sebagai aturan pelaksananya, Paspor Diplomatik dan Paspor Dinas diberikan terbatas kepada pejabat negara, pegawai negara, TNI – Polri dan anggota legislatif. 

Laman resmi Kementerian Luar Negeri mencatat,  paspor diplomatik diberikan untuk melakukan perjalanan keluar Wilayah Indonesia dalam rangka penempatan atau perjalanan untuk tugas yang bersifat diplomatik dan tidak bersifat diplomatik. 

Paspor diplomatik, dikeluarkan untuk diplomat dan pejabat pemerintah lainnya untuk tugas yang berhubungan dengan perjalanan internasional, dan untuk tugas pendampingan.

photo
Anggota DPR RI Supriansyah (kiri) bersama Habiburokhman (tengah) dan Arteria Dahlan (kanan) menyaksikan sidang putusan terkait gugatan sistem pemilu di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (15/6/2023). Mahkamah Konstitusi menolak permohonan uji materi UU Pemilu. Sehingga Pemilu 2024 tetap diselenggarakan menggunakan sistem proporsional terbuka. - (Republika/Putra M. Akbar)

Menurut Kemlu, meskipun sebagian besar orang dengan kekebalan diplomatik membawa paspor diplomatik, namun memiliki paspor diplomatik tidak sama dengan memiliki kekebalan diplomatik.

Pemberian status diplomatik, hak istimewa dari yang kekebalan diplomatik, harus berasal dari pemerintah negara yang memberikan status diplomatik. Juga, memiliki paspor diplomatik tidak berarti bebas visa perjalanan.

Seorang pemegang paspor diplomatik harus mendapatkan visa non-diplomatik ketika bepergian ke negara di mana ia saat ini tidak juga akan diakreditasi sebagai diplomat, jika visa diperlukan untuk warga negaranya.

Sudah 80 WNI yang ditangkap polisi Saudi...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement