Kamis 04 Apr 2024 15:13 WIB

Baznas Bazis DKI Jakarta Fasilitasi Mudik Gratis Bagi Penyandang Disabilitas

Baznas Bazis DKI Jakarta kembali gelar Mudik Gratis Bareng Teman Disabilitas 2024.

Baznas Bazis DKI Jakarta kembali menggelar program Mudik Gratis Bareng Teman Disabilitas tahun 2024.
Foto: Dok. BAZNAS
Baznas Bazis DKI Jakarta kembali menggelar program Mudik Gratis Bareng Teman Disabilitas tahun 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baznas Bazis DKI Jakarta kembali fasilitasi penyandang disabilitas yang akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idulfitri melalui program Mudik Gratis Bareng Teman Disabilitas tahun 2024. 

Baznas Bazis DKI Jakarta pada tahun ini memberangkatkan sebanyak 58 pemudik disabilitas termasuk keluarganya yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta, yang diberangkatkan dari Monumen Nasional (MONAS) Jakarta, pada Kamis (4/4/2024) pagi, menuju Solo. 

Baca Juga

"Alhamdulilah tahun ini, kami kembali mengadakan mudik gratis untuk teman disabilitas dengan menyediakan rute perjalanan dari Jakarta menuju Solo pulang-pergi, melalui jalur selatan dan utara," kata Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta Akhmad H. Abubakar dalam sambutannya pada pelepasan Mudik Gratis Bareng Teman Disabiltas, di Monas, Jakarta, Kamis (4/4/2024). 

"Untuk arus baliknya, akan dilaksanakan pada 14 April 2024 mendatang," lanjut Abubakar.

Dalam perjalanannya, para pemudik disabilitas akan diberangkatkan bersama keluarganya masing-masing. 

"Mudik gratis yang diperuntukkan para penyandang disabilitas khususnya tuna netra nantinya akan diberangkatkan bersama keluarganya yang masih dalam satu Kartu Keluarga maksimal empat anggota keluarga untuk mendampingi," jelas Abubakar.

Mudik gratis bersama Baznas Bazis DKI Jakarta menghadirkan pelayanan khusus bagi pemudik disabilitas, seperti layanan kesehatan dan layanan dapur air. Hal tersebut sebagai langkah untuk memastikan perjalanan mudik berlangsung dengan nyaman, tanpa hambatan. 

"Dalam perjalanan mudik kali ini, kami menyiapkan dua bus dengan beberapa fasilitas pendukung di dalamnya," pungkas Abubakar.

Abubakar mengatakan, kegiatan mudik gratis bersama teman disabilitas sebagai bentuk kepedulian dan dukungan Baznas Bazis DKI Jakarta terhadap para penyandangan disabilitas yang ingin ikut bersuka-cita merayakan Hari Raya Idulfitri di kampung halaman. 

"Dengan adanya Program Mudik Bareng Teman Disabilitas, kami berharap bisa membantu masyarakat yang memiliki anggota keluarga penyandang disabilitas untuk merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman dengan nyaman dan aman," kata Abubakar.

Dalam acara tersebut hadir Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono, menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah bekerja sama menyukseskan penyelenggaraan mudik gratis lebaran tahun 2024. 

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Baznas Bazis DKI Jakarta beserta pihak lainnya dalam kolaborasinya menyukseskan mudik gratis untuk teman disabilitas tahun ini," ucap Joko Agus Setyono. 

"Semoga hadirnya mudik gratis ini bisa membawa kebahagiaan bagi penerima manfaat program ini dan memberi keberkahan untuk kita semua," sambung Joko Agus Setyono. 

Pada kesempatan yang sama, hadir juga Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo yang turut hadir dalam pelepasan mudik gratis. 

"Atas nama Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, kami mengapresiasi program Mudik Gratis Teman Disabilitas yang diinisiasi oleh Baznas Bazis DKI Jakarta ini. Semoga program tersebut akan terus berlanjut dengan jumlah penerima manfaat lebih besar dan fasilitas yang lebih bagus lagi," ujar Syafrin Liputo.

Turut hadir dalam Pelepasan Mudik Gratis Bareng Teman Disabiltas, Kapolda Metro Jaya diwakilkan oleh Kombespol Doni Hermawan dan Ketua Panglima Kodam (Pangdam) Jaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement