Kamis 04 Apr 2024 14:37 WIB

Baznas: Jika McDonalds Ingin Donasi, Bisa Langsung ke Palestina

Baznas memperhatikan kritik dan penolakan masyarakat atas donasi McDonalds.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).
Foto: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI merilis pernyataan sikap bahwa tidak akan menerima lagi donasi dari McDonalds Indonesia (McD) untuk bantuan kepada masyarakat Gaza, Palestina dan bantuan kepada mustahik dalam program lainnya. Pernyataan sikap tersebut diambil Baznas sebagai evaluasi setelah mendengar masukan dan keresahan masyarakat yang terjadi baru-baru ini.

"Baznas berharap rilis (pernyataan sikap resmi) ini bisa meneduhkan kekhawatiran sekaligus keramaian masyarakat, terutama netizen di media sosial," kata Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan kepada Republika, Kamis (4/4/2024)

Baca Juga

Rizaludin mengajak semua masyarakat kembali khusyuk beribadah di akhir bulan Ramadhan ini tanpa berkata dan bersikap yang kelewat batas, sehingga mengurangi pahala puasa. Ingat hadits Nabi Muhammad SAW bahwa puasa itu bukan sekadar menahan makan dan minum saja, tapi menahan dari perkataan dan perbuatan tercela.

"Adapun kepada McD kalau mau berdonasi kembali bisa langsung menyalurkan ke Palestina atau lewat lembaga lain seperti PMI atau Bulan Sabit Merah, dan lain-lain," ujar Rizaludin.

Rizaludin mengatakan insya Allah semua bisa mengambil hikmah dari kejadian ini. Sebelumnya, dalam pernyataan resmi Baznas, Deputi I Baznas RI Bidang Pengumpulan, Arifin Purwakananta menindaklanjuti arahan Ketua Baznas RI Prof KH Noor Achmad.

Arifin mengatakan dengan memperhatikan secara seksama atas kritik dan penolakan dari berbagai elemen masyarakat atas bantuan yang diterima oleh Baznas dari McDonald's (McD) untuk Palestina, maka Baznas memutuskan mengambil langkah ini (yakni tidak akan menerima lagi donasi dari McDonalds Indonesia).

"Baznas juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kecintaan para muzaki dan masyarakat kepada Baznas selama ini. Baznas memohon maaf atas kekhawatiran masyarakat dan terus akan memperbaiki diri lebih baik ke depan," kata Arifin dalam pernyataan resmi di laman resmi Baznas RI, Kamis (4/4/2024)

Baznas mengucapkan terima kasih kepada para muzaki, korporasi, LAZ, UPZ, komunitas sekolah, perguruan tinggi, lembaga kemanusiaan, media dan semua pihak yang ikut membantu program Gaza dan bantuan lain dalam mengatasi kemiskinan lainnya melalui zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya (DSKL) yang disalurkan melalui Baznas RI.

Sikap Baznas RI sudah jelas...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement