Selasa 26 Mar 2024 03:05 WIB

Sudah Ucap Syahadat dan Jadi Mualaf, Langkah Selanjutnya Apa?

Umat Islam mempunyai kewajiban membantu para mualaf dalam berbagai cara.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto:

• Temukan Guru

Orang datang ke Islam untuk menghayati Islam. Ini membutuhkan pembelajaran. Ketika kita mulai belajar lebih banyak tentang iman kita, kita akan mencari Muslim lain di sekitar kita untuk belajar.

Namun, berhati-hatilah dalam menganggap semua yang dikatakan seorang Muslim tentang Islam sebagai kebenaran mutlak. Hal ini akan sulit pada awalnya karena sepertinya seseorang yang dibesarkan sebagai seorang Muslim akan mengetahui banyak tentang agamanya dan akan dapat mengajari kita banyak hal. Hal ini tidak selalu terjadi.

Terkadang apa yang diketahui umat Islam awam tentang Islam sebenarnya bukanlah Islam. Semuanya menjadi sangat membingungkan dengan sangat cepat. Namun, ada banyak ulama yang darinya kita dapat mempelajari pengetahuan otentik yang tidak membingungkan atau bertentangan atau dipelajari sedikit demi sedikit atau independen.

Yang harus mualaf lakukan adalah mencari seorang guru yang fasih berbicara dalam bahasa kita, yang menghayati dan memahami budaya di mana kita tinggal (budaya mempunyai tempat dalam Islam), memiliki tingkat pembelajaran yang tinggi, dan yang mengambil baik Alquran maupun hadits Nabi Muhammad SAW (sunah). Belajarlah dari orang itu.

Untungnya, YouTube memiliki banyak sumber daya seperti ini. Beberapa ulama yang merupakan guru efektif adalah Yasir Qadhi, Suhaib Webb, Shaykha Reima Yosif, Nouman Ali Khan, Dr. Ingrid Mattson, Tariq Ramadan, Omar Suleiman, Anse Tamara Gray, Dr. Shabir Ally, dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa sumber belajar lainnya bagi para pemula Muslim.

Yang terpenting, apapun yang terjadi, percayalah kepada Allah SWT. Ambillah langkah-langkah itu menuju Allah SWT dan teruslah berjalan. Langkah pertama selalu goyah. Ini akan menjadi lebih mudah.

Kita akan tumbuh dan berubah dengan cara yang menakjubkan. Demikian penjelasan Theresa Corbin dilansir dari About Islam, Senin (25/3/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement