Selasa 26 Mar 2024 03:05 WIB

Sudah Ucap Syahadat dan Jadi Mualaf, Langkah Selanjutnya Apa?

Umat Islam mempunyai kewajiban membantu para mualaf dalam berbagai cara.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto:

• Temukan Teman dan Komunitas

Kebanyakan Muslim baru menghadapi kesepian yang melemahkan setelah syahadat. Bahkan mereka yang introvert dan sering menikmati kesendirian pun merasakan isolasi ekstrem setelah masuk Islam.

Teman-teman yang Anda miliki sepanjang hidup kita mungkin menjauhkan diri dari kita. Keluarga mungkin tidak mengakui kita.

Banyak orang dalam hidup kita akan memandang kita secara berbeda atau hanya menantang semua yang kita lakukan sebagai seorang Muslim. Kesepian ini bukanlah sesuatu yang harus diminimalisir.

Manusia adalah makhluk sosial. Kita membutuhkan orang lain untuk diajak bicara, untuk meminta nasihat, untuk curhat, dan sebagainya. Kita membutuhkan komunitas dan ketika semua orang di sekitar kita yang selama ini kita andalkan pergi, menjauhkan diri, atau bertahan hanya untuk mencaci-maki kita karena pilihan keyakinan kita, hal ini sangat menyedihkan.

Namun, sebagai seorang Muslim baru, kita memiliki komunitas yang sangat besar untuk dilihat, dijadikan teman, dan dianggap sebagai saudara. Terkadang komunitas ini tidak sempurna untuk menjadi tempat bagi para Muslim baru, namun masih banyak Muslim yang bersedia menjadi telinga atau bahu yang mendengarkan untuk bersandar.

Jika kita menemukan beberapa Muslim yang tidak tanggap atau tidak bersimpati terhadap perjuangan kita, simpanlah mereka dalam hidup dan doa kita, namun ketahuilah juga bahwa kita bisa terus mencari sesama Muslim lainnya yang mungkin lebih berempati terhadap situasi kita.

Ini adalah waktu untuk banyak permulaan baru dalam hidup kita. Jangan segan-segan untuk menjangkau sesama umat Islam. Di zaman sekarang, hal ini tidak harus dilakukan secara langsung di masjid setempat. Kita dapat menemukan banyak dukungan dari sesama Muslim dan bahkan sesama mualaf secara online.

Temukan guru...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement