Selasa 26 Mar 2024 03:05 WIB

Sudah Ucap Syahadat dan Jadi Mualaf, Langkah Selanjutnya Apa?

Umat Islam mempunyai kewajiban membantu para mualaf dalam berbagai cara.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto:

Namun, Islam menuntut keseimbangan dan semua kebutuhan terpenuhi. Berikut beberapa hal praktis yang perlu dipikirkan setelah mengucapkan syahadat.

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Jadi Mualaf

• Ketahui Hak Kita Sebagai Muslim Baru

Sebagai seorang Muslim baru, salah satu hal pertama yang harus kita pahami tentang keyakinan kita adalah hak-hak kita dalam Islam. Seringkali keluhan para pendatang baru tentang Islam tidak ada hubungannya dengan Islam sama sekali, namun merupakan kegagalan individu Muslim lainnya atau bahkan komunitas mereka secara keseluruhan.

Sebagai seorang Muslim baru, sangat penting bagi kita untuk memahami bahwa Allah telah menginstruksikan komunitas kita untuk memberi kita dukungan. Jika hal tersebut tidak ditawarkan kepada kita, atau jika dukungan tidak diberikan saat kita mencarinya, maka kita perlu tahu itu adalah kegagalan manusia dan bukan kegagalan Islam.

Umat Islam mempunyai kewajiban membantu para mualaf dalam berbagai cara, namun tidak terbatas pada bimbingan, konseling, pendidikan, komunitas yang mendukung, dan bahkan dukungan keuangan jika diperlukan. Kita dapat membaca deklarasi hak-hak umat Islam baru di sini yang membahas hal ini lebih detail.

Penting untuk dicatat bahwa umat Islam baru juga harus mengetahui hak-hak mereka dalam pernikahan. Seringkali umat Islam baru menikah segera setelah berpindah agama.

Sayangnya, mereka hanya tahu sedikit tentang hak dan tanggung jawab mereka dalam pernikahan. Akibatnya, banyak mualaf yang dimanfaatkan karena tidak mengetahui hak-haknya. Bekali diri kita dengan pengetahuan.

Temukan teman...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement