Selasa 26 Mar 2024 03:05 WIB

Sudah Ucap Syahadat dan Jadi Mualaf, Langkah Selanjutnya Apa?

Umat Islam mempunyai kewajiban membantu para mualaf dalam berbagai cara.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto: Mgrol120
Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Banyak yang telah ditulis tentang apa yang harus dilakukan seorang Muslim baru atau mualaf setelah berpindah agama jadi memeluk Islam.

Theresa Corbin penulis The Islamic, Adult Coloring Book mengatakan langkah pertama setelah syahadat adalah topik yang bahkan sudah ia uraikan berkali-kali, seperti artikel yang ia tulis berjudul Langkah Pertama yang Harus Dilakukan Seorang Mualaf yang membahas tentang niat, motivasi, dan urusan hati.

Baca Juga

Namun terkadang nasihat semacam ini membuat seolah-olah masalah materi tidak penting. Tetapi kita harus tahu bahwa memang demikian.

Theresa Corbin yang juga salah satu penulis The New Muslim’s Field Guide pada laman About Islam menjelaskan, Islam mengajarkan kita keseimbangan, hidup di dunia dan mengurus kebutuhan duniawi, serta memikirkan kehidupan akhirat dan memenuhi kebutuhan spiritual.

Kita adalah makhluk dualitas. Kita memiliki keberadaan fisik dan keberadaan spiritual. Ketika kebutuhan salah satu dari mereka diabaikan, hal-hal buruk terjadi.

Seringkali kebutuhan duniawi para pendatang baru dianggap kurang penting dibandingkan kebutuhan spiritual. Apa yang dihasilkan dari perlakuan semacam ini dapat dimengerti.

Mualaf sering mengeluh bahwa menjadi seorang Muslim itu tidak praktis atau sulit. Jika Islam yang disajikan kepada kita tampak mustahil, terlalu sulit, atau tidak praktis, ketahuilah bahwa ini adalah Islam khayalan yang mengabaikan kebutuhan duniawi dan mengutamakan kebutuhan spiritual.

Namun, Islam menuntut keseimbangan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement