Kamis 09 May 2024 12:16 WIB

Kasus Pamulang Jadi Pengingat Pentingnya Memahami Adab Bertetangga

Etika dan norma bertetangga wajib dihormati.

Rep: Mabruroh/ Red: Indira Rezkisari
Infografis hidup bertetangga.
Foto: Republika.co.id
Infografis hidup bertetangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kasus kericuhan antara mahasiswa dan warga di Pamulang ternyata bukan hanya persoalan ibadat Rosario. Belakangan terungkap bahwa kumpulan mahasiswa itu kerap membuat warga sekitar resah dengan ulah mereka yang berisik sehingga mengganggu ketenangan warga sekitar.

Menurut pengakuan warga setempat, mereka sudah sering menegur karena kerap bermain musik dengan gitar, namun besok harinya tetap terulang lagi.

Baca Juga

Sebenarnya bagaimana adab bertetangga menurut Islam? Menurut Ketua PBNU Bidang Keagamaan, KH Ahmad Fahrurrozi atau yang akrab disapa Gus Fahrur, menyebutkan adab bertetangga telah disebutkan Rasulullah SAW dalam beberapa hadits beliau. Seperti hak untuk mendapatkan rasa aman dan bebas dari gangguan.

Apalagi jika tetangga ini adalah seorang pendatang, menurut Gus Fahrur, maka wajib bagi pendatang tersebut untuk menjunjung tinggi adab dan norma yang berlaku di tempatnya tinggal. “Tentu saja sebagai tamu pendatang wajib menjunjung tinggi adab dan norma yang berlaku di masyarakat setempat,” ujar Gus Fahrur kepada Republika, Kamis (9/5/2024).

Alqur'an surat An-Nur ayat 27 memberi tuntunan agar minta izin sebelum bertamu, dilarang masuk rumah tanpa izin.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَدْخُلُوا۟ بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّىٰ تَسْتَأْنِسُوا۟ وَتُسَلِّمُوا۟ عَلَىٰٓ أَهْلِهَا ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.”

Masuk rumah Rasulullah tanpa salam...

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement