Kamis 09 May 2024 20:54 WIB

Kemenag Siapkan 25 Tema Khutbah Jumat untuk Juli Hingga Desember 2024 

Tema khutbah Kemenag mencakup berbagai topik

Ilustrasi khutbah Jumat Tema khutbah Kemenag mencakup berbagai topik
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi khutbah Jumat Tema khutbah Kemenag mencakup berbagai topik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kementerian Agama (Kemenag) RI tengah menyiapkan naskah khotbah dengan 25 tema untuk Juli hingga Desember 2024.

"Kemenag tengah menyiapkan 25 tema khutbah Jumat untuk periode Juli hingga Desember 2024. Tema-tema tersebut mencakup beragam topik, dari peristiwa besar dalam Islam dan nasional hingga isu-isu kekinian seperti masjid ramah anak, disabilitas, dan lingkungan," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag RI Adib dalam keterangan di Jakarta, Kamis (9/5/2024)

Baca Juga

Meskipun 25 tema khutbah telah disiapkan, kata Adib, penambahan tema yang relevan dan menarik dari penulis naskah khutbah masih dimungkinkan.

Sementara untuk memperluas distribusi naskah khotbah, ia berencana melakukan digitalisasi dan mencetaknya dalam bentuk buku saku. Langkah tersebut, menurutnya, akan memudahkan para khatib dalam menyusun materi khutbah.

"Nantinya, selain diunggah di aplikasi Elipski, materi 25 tema khutbah tersebut akan dicetak dalam bentuk buku saku dan akan disebar secara luas," jelasnya.

Menurut Adib, penyiapan 25 tema naskah khutbah merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya Kemenag untuk meningkatkan literasi masyarakat dengan materi dakwah yang berkualitas.

Ia meyakini naskah khutbah tersebut akan memberi manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan berdampak luas, karena disampaikan di atas mimbar masjid yang dihadiri jamaah Sholat Jumat.

Adib menambahkan penyiapan tema naskah khotbah Jumat tersebut juga merupakan bagian dari meningkatkan literasi keagamaan di masyarakat.

Ia menilai literasi merupakan modal utama bagi kemajuan bangsa dan dapat mengurangi potensi konflik.

"Literasi adalah modal kemajuan bangsa. Bangsa yang literasi rendah sulit akan maju, akan mudah tersulut konflik. (Penyiapan naskah khutbah) ini bagian dari peningkatan literasi masyarakat," kata Adib.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement