Rabu 06 Mar 2024 10:59 WIB

500 Santri dan Hafidz Ikuti Musabaqah Hafalan Alquran di Ponpes Al Wafi

Musabaqah Hafalan Alquran merupakan kegiatan rutin tahunan.

Pembukaan gelaran Musabaqah Hafalan Qur
Foto: Pondok Pesantren Al Wafi Islamic Boarding Sch
Pembukaan gelaran Musabaqah Hafalan Qur

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sebanyak 500 Santri dan Hafidz dari berbagai pondok pesantren dan sekolah berbasis Islam dari seluruh Indonesia tampil pada gelaran Musabaqah Hafalan Quran dan Hadist (MHQH) III di Pondok Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School, Kota Depok, Jawa Barat, pekan ini.

"Alhamdulillah antusiasme para pengelola lembaga pendidikan Islam sangat tinggi untuk berpartisipasi pada kegiatan MHQH ke III yang kami gelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, tak kurang dari 2.500 santri dan hafidz ikut mendaftarkan diri pada gelaran MHQH Ponpes Al Wafi Boarding School tahun ini, kami menyeleksi para pendaftar dan hanya mengakomodir 500 peserta saja," ujar Pembina Yayasan Pondok Pesantren Al Wafi KH Ali Saman Hasan saat pembukaan MHQH, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan penyelenggaraan MHQH merupakan kegiatan rutin tahunan ini dalam rangka meningatkan kemampuan santri dan para penghafal Alquran (Hafidz) dalam menghafal Alqur'an dan Hadist.

Untuk kemudian lanjut dia bisa diimplementasikan kepada masyarakat pada pelaksanaan kegiatan ibadah di masjid atau mushala yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Ia mengatakan selain akan mendapatkan hadiah dan piagam penghargaan, para santri dan hafidz juga akan direkomendasikan untuk mendapat kesempatan  menyosialisasikan kemampuan pemahaman isi kandungan Alquran dan Hadist dalam berbagai kegiatan ibadah di masyarakat.

"Kami akan memberikan rekomendasi untuk para santri dan hafidz agar berkesempatan mengisi berbagai kegiatan ibadah seperti menjadi imam atau penceramah serta khatib pada kegiatan ibadah di masjid," ujarnya.

Sementara itu, salah satu praktisi pendidikan Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School, Ihsan menjelaskan pelaksanaan MHQH III tahun 2024 mengakomodir peserta dari berbagai jenjang pendidikan dan umum.

"Ada beberapa kategori usia yang tampil di MHQH tahun ini mulai dari usia SD, SLTP, SLTA dan umum," jelasnya.

Selain diikuti oleh para santri dan hafidz, seremonial pembukaan kegiatan MHQH Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School juga dihadiri oleh atase Keagamaan dan Pendidikan Kedutaan Besar Saudi Arabia, Syaikh Ahmad bin Isa Al - Hazami, Guru Kehormatan Pesantren Al Wafi, Ust. Yusuf Usman Baisa, Zikrullah Kamali perwakilan Setda Kota Depok serta sejumlah undangan lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement