Ahad 18 Feb 2024 11:55 WIB

5 Amalan Menjauhkan Malapetaka di Dunia Menurut Alquran dan Hadits

Islam memberikan tuntunan hadapi malapetaka atau bala

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa dijauhkan dari malapetaka.
Foto:

Dari Aisyah RA, dia berkata bahwa pada zaman Nabi SAW pernah terjadi gerhana matahari. Beliau Nabi SAW lalu mengutus seseorang untuk menyerukan shalat berjamaah. Orang-orang lantas berkumpul. Nabi lalu maju dan bertakbir. Beliau melakukan empat kali ruku’ dan empat kali sujud dalam dua rakaat. (HR Muslim no 901) 

Kelima, sedekah 

Sedekah memiliki fadhilah untuk menolak bala. Ibn Al Qayyim menjelaskan, amalan sedekah bisa menghilangkan malapetaka dari orang yang tidak beriman dan pelaku kejahatan. 

Rasulullah SAW pun menasehati wanita agar perbanyak bersedekah karena wanita itu dekat dengan api neraka. Allah SWT berfirman: 

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗوَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚوَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ 

"Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik." (QS. Saba' ayat 39) 

Dalam hadis riwayat Thabrani dan al-Baihaqi, disebutkan sedekah dapat mengatasi orang yang sakit. Nabi SAW bersabda: 

دَاوُوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ "Obatilah orang sakit di antara kalian dengan sedekah." 

Hadits lain yang diriwayatkan oleh Thabrani juga menyebut bahwa bersedekah bisa menyelamatkan orang dari bala. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

باكِروا بالصَّدقةِ ، فإنَّ البلاءَ لا يتخطَّى الصَّدقةَ "Bersegeralah dengan sedekah, karena bala tidak dapat melangkahi sedekah." 

Sumber: mawdoo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement