Kamis 25 Jan 2024 08:23 WIB

Saudi Kembangkan Ekowisata Mewah, Suguhkan Lingkungan Alam yang Modern

Saudi ingin meningkatkan devisa dari sektor pariwisata.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Lahan yang diperuntukkan untuk kota bentuk Oktagon (Neom) di Arab Saudi
Foto: Al Araby
Lahan yang diperuntukkan untuk kota bentuk Oktagon (Neom) di Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Sektor ekowisata mewah di Arab Saudi telah mengalami kemajuan signifikan dengan diresmikannya Zardun. Ini adalah sebuah resor suaka unik yang dikembangkan oleh NEOM di barat laut Kerajaan.

Dilansir Saudi Gazette, Kamis (25/1/2024), Dewan Direksi NEOM mengumumkan penambahan ini sebagai bagian dari pembangunan berkelanjutan di kawasan ini. Zardun dirancang untuk memadukan kemewahan modern dengan lingkungan alam, mewakili tambahan terbaru pada aset pesisir NEOM.

Baca Juga

Resor yang terletak di sepanjang Teluk Aqaba ini menawarkan empat bangunan ultra-mewah yang menyatu dengan lanskap, bertujuan untuk mendefinisikan kembali kemewahan dalam konteks ramah lingkungan.

Zardun menjanjikan pengalaman ekowisata yang tak tertandingi bagi wisatawan yang cerdas. Membentang seluas empat kilometer persegi, Zardun adalah surga alami yang telah dipugar, rumah bagi flora dan fauna asli.

Dari daerah pegunungan hingga pantai, keindahannya langsung terlihat di pusat pengalaman canggih, yang dilengkapi dek observasi 360 derajat. Resor ini mencakup tiga hotel butik, dengan total 100 kamar dan suite, masing-masing mencerminkan komitmen terhadap masa depan berkelanjutan.

Hotel-hotel tersebut, masing-masing bertema unik, menawarkan pengalaman yang beragam, mulai dari pemandangan lembah hingga pemandangan tepi laut. Kegiatan di Zardun meliputi trekking, bersepeda gunung, panjat tebing, dan olahraga lainnya, serta kegiatan kesehatan seperti melihat bintang, meditasi, dan yoga.

Program pendidikan tentang perlindungan alam, konservasi, dan pembangunan kembali juga tersedia untuk para tamu. Pendekatan keberlanjutan Zardun mencakup pengelolaan lingkungan yang komprehensif, termasuk menciptakan oasis untuk mendukung beragam habitat dan memperkenalkan kembali satwa liar asli.

Wilayah pesisirnya berfokus pada pelestarian kehidupan laut Teluk Aqaba, termasuk konservasi terumbu karang, yang menyoroti dedikasi NEOM terhadap pelestarian lingkungan.

Sebagai pengembangan NEOM terbaru, Zardun bergabung dengan Leyja, Epicon, Siranna, Utamo, Norlana, dan Aquellum di Teluk Aqaba. Semuanya mewujudkan visi NEOM untuk pariwisata berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement