Senin 22 Jan 2024 21:02 WIB

Kuil Ayodhya yang Dibangun di Atas Masjid Babri yang Dihancurkan Dibuka, Apa Artinya?

Umat Hindu memenangkan pertarungan hukum yang berkepanjangan pada 2019.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Tepi Sungai Sarayu didekorasi pada malam upacara peletakan batu pertama sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa Hindu Ram di Ayodhya, India, Selasa, 4 Agustus 2020.
Foto:

Kota yang terkenal dengan jalan sempitnya yang dipenuhi peziarah Hindu dan toko-toko yang menjual miniatur patung Ram itu, telah direnovasi dengan infrastruktur dan layanan modern.

Landasan terbang sederhana di Ayodhya telah berkembang menjadi bandara internasional yang luas dengan landasan pacu sepanjang 2,2 kilometer pada tahap pertama. Stasiun kereta api bersih ini memiliki kapasitas penumpang harian sekitar 50.000 orang.

Ravi Singh, perwakilan dari Indian Hotels Company Limited menuturkan, makna historis dan spiritual dari Ayodhya menjadikannya tujuan wisata yang menarik. Ia memperkirakan akan terjadi lonjakan permintaan yang besar.

Namun, di balik kuil tersebut tersimpan kontroversi. Ayodhya telah menjadi pusat pergolakan politik India dan upaya mayoritas Hindu untuk menebus masa lalu agama di negara tersebut selama beberapa dekade.

Masa lalu negara ini yang beragam dan multikultural dikalahkan oleh nasionalisme Hindu yang keras setelah massa menghancurkan masjid Babri yang dibangun pada abad ke-16 pada 1992.

Umat Hindu memenangkan pertarungan hukum yang berkepanjangan pada 2019. Mereka mendapat izin membangun kuil tersebut.

Umat Hindu merupakan 80 persen...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement