Senin 22 Jan 2024 21:02 WIB

Kuil Ayodhya yang Dibangun di Atas Masjid Babri yang Dihancurkan Dibuka, Apa Artinya?

Umat Hindu memenangkan pertarungan hukum yang berkepanjangan pada 2019.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Tepi Sungai Sarayu didekorasi pada malam upacara peletakan batu pertama sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa Hindu Ram di Ayodhya, India, Selasa, 4 Agustus 2020.
Foto:

Mereka menyebut namanya di saat-saat sulit akan membawa kedamaian dan kemakmuran, dan sebagian besar dari mereka yang menganut agama Hindu menyimpan berhala Ram di rumah mereka.

Festival-festival besar Hindu seperti Dussehra dan Diwali dikaitkan dengan kisah mitologi Ram yang memuji kebajikan kebenaran, pengorbanan, dan pemerintahan yang etis.

Tersebar di lahan seluas hampir 3 hektare, kuil yang masih dalam proses pembangunan ini diperkirakan menelan biaya sebesar 217 juta dolar AS. Kuil terbuat dari batu pasir merah muda, dihiasi dengan ukiran rumit dan memiliki 46 pintu, 42 di antaranya memiliki lapisan emas.

Anil Mishra, anggota lembaga yang mengawasi pembangunan tersebut, mengatakan kuil tersebut memadukan desain tradisional dengan teknologi mutakhir dan dibuat tanpa menggunakan besi, baja, atau semen.

Patung batu berwarna gelap setinggi 1,3 meter yang menggambarkan Ram dipasang di bagian dalam kuil untuk konsekrasi hari Senin. Ritual keagamaan Pran Pratishtha, yang menandakan pemberian kehidupan kepada berhala, akan dilakukan sesuai dengan kitab suci Hindu Weda.

Dewa kemudian dapat menerima dan memberkati para penyembahnya. Otoritas setempat mengatakan, setelah upacara, kuil akan dibuka untuk umum dan diperkirakan 100 ribu umat akan mengunjunginya setiap hari.

Kota yang terkenal dengan jalan sempitnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement