Kamis 28 Dec 2023 19:40 WIB

Kiai Marzuki Mustamar Dicopot, Aroma Politis 2024, dan Penjelasan PBNU

PBNU menegaskan pencopotan KH Marzuki Mustamar hal biasa.

Rep: Muhyiddin, Dadang Kurnia / Red: Nashih Nashrullah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kedua kiri) bersama Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf (kedua kanan), dan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar (kiri).
Foto:

 

Sementara itu, di tempat terpisah, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasib Wahab Hasbullah menanggapi soal pencopotan KH Marzuki Mustamar. 

Menurut Kiai Hasib, tidak menutut kemungkinan pencopotan tersebut terkait dengan politik.

"Ya, bisa Jadi (terkait dengan politik). Karena ini kan situasi sudah dekat-dekat gini. Semua faktor itu dikait-kaitkan dengan politik. Tapi, saya enggak tahu persis apa itu latar belakangnya. Mungkin juga karena ada reorganisasi atau sudah waktunya atau gimana," ujar Kiai Hasib saat dihubungi Republika.co.id, Kamis.  

Menurut dia, yang paling tahu alasan pencopotan Ketua PWNU tersebut tentu adalah Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya). Namun, saat dikonfirmasi Republika.co.id lewat WhatsApp, Gus Yahya belum merespons.  

"Yang tahu Ketum. Nanti setelah sore-sore saya kasih tahu kalau sudah ada infonya. Nanti deh saya tak konfirmasi dulu. Kalau sudah pasti saya kasih informasi," ucap Kiai Hasib.

Baca juga: Alquran Abadikan Tingkah Laku Yahudi yang Bodoh tapi Berlagak Pintar

Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, ini juga mengaku baru mengetahui informasi pencopotan Kiai Marzuki Mustamar.   

"Tadi malam padahal saya bertemu dengan Kiai Marzuki di Pacitan, Tremas. Cuma saya gak sempat tanya. Cuma saya tanya, bagaimana soal capres-cawapres? Beliau mengatakan, ya, kita ini mengayomi aja, ngemong aja Yai, artinya netral," kata Kiai Hasib.  

Baca juga: Alquran Abadikan Tingkah Laku Yahudi yang Bodoh tapi Berlagak Pintar

 

Sebelumnya diberitakan, Mantan Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur Abdus Salam Shohib membenarkan kabar pencopotan KH Marzuki Mustamar dari jabatannya sebagai Ketua PWNU Jawa Timur. Pencopotan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PBNU di hadapan Ketua PCNU se-Jatim.

"Nggeh leres (iya benar Kiai Marzuki dicopot dari jabatannya sebagai Ketua PWNU Jatim). Statemen Ketum PBNU tadi malam di hadapan PCNU se-Jatim," kata Gus Salam saat dikonfirmasi Republika.co.id, Kamis (28/12/2023).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement