Kamis 11 Jan 2024 07:57 WIB

Cicit KH Hasyim Asyari yang Juga Pengasuh Tebuireng Nakhodai NU Jatim

Gus Kikin ditunjuk nakhodai PWNU Jatim hingga Maret 2024

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Rapat Gabungan Syuriyah dan Tanfidziyah Pengurus Besar NU (PBNU) menetapkan cucu pendiri NU, Hadratussyaikh KH Hasyim Asy ari, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) sebagai nahkoda baru PWNU Jawa Timur.
Foto: Dok Republika
Rapat Gabungan Syuriyah dan Tanfidziyah Pengurus Besar NU (PBNU) menetapkan cucu pendiri NU, Hadratussyaikh KH Hasyim Asy ari, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) sebagai nahkoda baru PWNU Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rapat Gabungan Syuriyah dan Tanfidziyah Pengurus Besar NU (PBNU) menetapkan dan menunjuk cicit pendiri NU, Hadratussyaikh KH Hasyim Asy ari, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) sebagai nahkoda baru PWNU Jawa Timur.  

“Alhamdulillah rapat gabungan siang tadi bulat menetapkan Gus Kikin menjadi Pj Ketua PWNU Jatim menggantikan KH Marzuki Mustamar,” ujar Sekjen PBNU Gus Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (10/1/2024). 

Baca Juga

Gus Kikin, akan menjabat hingga diselenggarakannya Musyawarah Wilayah NU Jawa Timur yang rencananya akan digelar pada Maret 2024 mendatang. 

KH Marzuki Mustamar sendiri sebenarnya telah habis masa jabatannya sebagai Ketua PWNU Jatim pada September 2023 yang kemudian mendapatkan SK perpanjangan sementara. 

Rapat gabungan yang dipimpin langsung Rais Aam KH Miftachul Ahyar juga dihadiri Ketua Umum KH Yahya Cholil Staquf serta jajaran Syuriyah dan Tanfidziyah ini bulat menerima pemberhentian KH Marzuki dan pengangkatan Gus Kikin. 

“Terkait alasan pemberhentian KH Marzuki sekali lagi saya tegaskan ini masalah internal dan telah dianggap memenuhi syarat untuk pemberhentian. Jangan paksa kami membuka alasannya ke publik,” ucap Gus Ipul. 

Pemberhentian KH Marzuki juga merupakan usulan dari Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur yang ditandatangani langsung oleh KH Anwar Mansyur. 

Ketua PWNU diberhentikan sebenarnya bukan kali ini saja terjadi. Di Jawa Timur, KH Ali Maskan Moesa juga pernah diberhentikan dari jabatan Ketua PWNU. Namun saat itu KH Ali Maskan menerima dan bahkan hingga saat ini masih aktif di jajaran Syuriyah PWNU Jawa Timur. 

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul juga mengatakan, Gus Kikin ditunjuk dengan beberapa alasan. Pertama karena Gus Kikin telah berpengalaman bahkan saat ini menjabat sebagai salah satu Ketua PBNU. 

Baca juga: 5 Pilihan Doa Ini Bisa Jadi Munajat kepada Allah SWT Perlancar Rezeki

 

“Apalagi beliau saat ini juga pengasuh Pesantren Tebuireng dan juga cicit Hadratussyaikh, Insya Allah akan mampu menjalankan kepemimpinan organisasi  dalam masa transisi ini,” kata Gus Ipul. 

Sementara itu, rapat gabungan sendiri digelar di Kantor PBNU Jakarta dengan beberapa agenda. Rapat dimulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement