Jumat 01 Dec 2023 12:27 WIB

Ketika Muadzin Kumandangkan Adzan di Atas Reruntuhan Masjid Gaza

Israel menargetkan tempat-tempat ibadah termasuk masjid dan gereja.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina memeriksa kerusakan masjid yang hancur akibat serangan udara Israel di kamp pengungsi Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Rabu, (8/11/2023).
Foto:

Gambaran suasana ini terekam dalam sebuah rekaman video drone dari tiga masjid di Khan Younis, yang dibuat oleh Reuters pada Rabu, 29 November 2023. Video ini direkam pada hari keenam gencatan senjata yang telah diperpanjang satu hari lagi, dan menunjukkan tingkat kerusakan bangunan keagamaan.

Di Al-Touba, kubah yang dulunya menjulang di atas masjid bertingkat telah hilang sama sekali. Satu-satunya bagian yang masih dapat dikenali adalah alasnya yang berbentuk lingkaran, miring ke samping di atas atap yang runtuh tempat muazin berdiri.

Di Masjid Al-Ansari di bagian lain kota, tumpukan sajadah berdebu terlihat berantakan di dalam ruangan yang telah dihancurkan. Ubin dengan tulisan Arab dan pagar besi terlihat di celah antara langit-langit yang runtuh dan dinding yang miring. Kedua masjid tersebut berlokasi di kawasan padat bangunan, dan berdekatan dengan bangunan yang tampak seperti blok apartemen.

Di masjid ketiga, Al-Ameen Mohammed, sebagian kubah masih ada, namun ada luka besar di bagian atasnya. Strukturnya juga miring dengan sudut curam karena salah satu sisi bangunan di bawahnya runtuh. Di sebelah masjid terdapat hamparan pasir terbuka tempat didirikannya tenda-tenda untuk para pengungsi. Di luarnya terdapat blok apartemen dan Laut Mediterania.

Israel melancarkan serangan militer di Jalur Gaza yang padat penduduknya hingga lebih dari 15 ribu orang gugur. Sebanyak 40 persen di antaranya adalah anak-anak, menurut pejabat kesehatan Palestina. Sebanyak 6.500 lainnya hilang, banyak yang dikhawatirkan masih terkubur di bawah reruntuhan.

Dua pertiga warga Gaza telah mengungsi, sebagian besar berlindung di Khan Younis dan wilayah selatan lainnya setelah Israel memerintahkan evakuasi total di bagian utara jalur pantai kecil tersebut. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menggambarkan kondisi di Gaza sebagai bencana kemanusiaan luar biasa.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement