Senin 27 May 2024 07:44 WIB

IKALUIN Award Serahkan Lifetime Achievement Kepada Cak Nur

IKALUIN Award 2024 juga memberikan penghargaan kepada 8 tokoh.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (kedua kiri) menyerahkan Lifetime Achievement IKALUIN Award 2024 kepada Almarhum Prof. Dr. Nurcholish Madjid (Cak Nur), yang secara simbolis diterima oleh istri Almarhum Cak Nur, Ommy Komariah Madjid (kedua kanan).
Foto: UIN Jakarta
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (kedua kiri) menyerahkan Lifetime Achievement IKALUIN Award 2024 kepada Almarhum Prof. Dr. Nurcholish Madjid (Cak Nur), yang secara simbolis diterima oleh istri Almarhum Cak Nur, Ommy Komariah Madjid (kedua kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Alumni UIN (IKALUIN) Syarief Hidayatullah Jakarta memberikan lifetime achievement dalam acara IKALUIN Award 2024 kepada mendiang Prof. Dr. Nurcholish Madjid (Cak Nur). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas kepada istri Cak Nur, Ommy Komariah Madjid, di Auditorium Harun Nasution, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Selain kepada Cak Nur, IKALUIN Award 2024 juga memberikan penghargaan kepada 8 tokoh alumni UIN Jakarta, yaitu Habib Husein Ja'far Alhadar dalam kategori Young Hero – Anak Muda Berpengaruh, Soeharto (Cing Ato) dalam kategori Pendidikan dan Pengembangan Umat, Dr. Syafiq Hasyim dalam kategori Pemikiran Keagamaan, Dr. Neng Dara Affiah dalam kategori Perempuan dan Kesetaraan Gender, Muhammad Isnur dalam kategori Hukum dan HAM, Dr. AM Fachir dalam kategori Politik dan Tata Kelola Pemerintahan, Dr. Sakinah Ginna dalam kategori Pemberdayaan Masyarakat, Mahariah dalam kategori Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim, dan Bambang Prihadi dalam ketegori Seni dan Budaya.

Baca Juga

Gus Yaqut --sapaan akrab Yaqut Cholil Qoumas-- menegaskan, UIN Jakarta memang sudah melahirkan banyak tokoh besar. Salah satunya, Cak Nur. “Tanpa kehadiran beliau, cara pandang umat Islam Indonesia tidak akan seperti yang kita temui sekarang, yang sangat moderat, toleran dan memahami perbedaan," ungkapnya.

Terselenggaranya penganugerahan IKALUIN Award 2024 ini juga diapresiasi Gus Yaqut. Dia menilai, anugerah ini menjadi sarana yang menginspirasi alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, juga perguruan tinggi lainnya.

 

"Bagaimana penghargaan yang diberikan itu bisa memacu seseorang untuk terus berprestasi di masa depan. Saya berharap acara ini akan tetap terus dilaksanakan, dan IKALUIN bisa menjadi stok pemimpin hebat," ujarnya.

Sementara Ketua Umum IKALUIN Jakarta, Dr. Ace Hasan Syadzily menyatakan, IKALUIN Award ini merupakan bentuk apresiasi kepada alumni, yang dinilai memiliki kontribusi nyata bagi kehidupan bangsa dan negara.

"Acara ini merupakan tradisi yang dijalankan untuk memberikan apresiasi kepada alumni, yang bekerja dengan dedikasi tanpa pamrih, namun memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat," jelas Wakil Ketua Komisi VIII DPR ini.

Hajatan IKALUIN Award 2024 ini turut dihadiri antara lain oleh Plt Dirjen Pendidikan Islam Prof. Dr. H. Abu Rokhmad; Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Asep Saepudin Jahar; Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah, serta Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Mokhamad Mahdum.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement