Sabtu 25 May 2024 16:30 WIB

Warga Palestina Desak Negara Muslim Lakukan Intervensi Militer Akhiri Genosida Israel

Israel mengabaikan perintah penghentian genosida.

Warga Palestina ambil bagian dalam protes solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza, di Ramallah, Tepi Barat yang diduduki Israel, 24 Mei 2024. Pengunjuk rasa minta negara Muslim lakukan intervensi militer.
Foto: Reuters/Ammar Awad
Warga Palestina ambil bagian dalam protes solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza, di Ramallah, Tepi Barat yang diduduki Israel, 24 Mei 2024. Pengunjuk rasa minta negara Muslim lakukan intervensi militer.

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Ratusan warga Palestina melakukan unjuk rasa di Kota Ramallah, Tepi Barat. Para pengunjuk rasa menyerukan negara-negara Muslim untuk melakukan intervensi militer guna mengakhiri genosida Israel di Gaza yang terkepung.

Dilansir di TRT World, Sabtu (25/5/2024), para pengunjuk rasa pada Jumat (24/5/2024) membawa spanduk yang menuntut tindakan untuk membebaskan wilayah Palestina.

Baca Juga

Para pengunjuk rasa mendesak negara-negara seperti Mesir, Turki, Arab Saudi, Aljazair dan negara-negara lain untuk membantu mengakhiri pembantaian Israel di wilayah pesisir Gaza. Juga pada Jumat, sekelompok pengunjuk rasa Israel dan internasional merantai diri mereka di gerbang kantor Urusan Palestina AS di Yerusalem sebagai protes terhadap perang Gaza.

Aktivis mengatakan polisi menangkap tujuh demonstran dari puluhan demonstran yang hadir. Video yang diunggah ke media sosial menunjukkan polisi mendorong mundur pengunjuk rasa dan mendorong demonstran ke dalam mobil polisi. Polisi tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Israel terus melakukan perang genosida di Gaza sejak Oktober tahun lalu, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera di wilayah tersebut. Lebih dari tujuh bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur akibat blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan.

Militer Israel telah membunuh sedikitnya 35.800 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan melukai lebih dari 80.200 lainnya sejak saat itu.

Israel melancarkan serangannya ke kota Rafah di selatan bulan ini, memaksa hampir 900 ribu warga Palestina meninggalkan kota yang telah menjadi tempat perlindungan bagi sekitar setengah dari 2,4 juta penduduk penduduknya.

Rafah, di tepi selatan Gaza, juga menjadi jalur utama masuknya bantuan, dan organisasi internasional mengatakan operasi Israel telah memutus wilayah tersebut dan meningkatkan risiko kelaparan.

Pada Jumat, hakim di pengadilan tinggi PBB memerintahkan Israel untuk menghentikan invasi militernya ke Rafah. Perintah itu tertuang dalam sebuah keputusan darurat penting mengenai kasus Afrika Selatan yang menuduh Israel melakukan genosida di daerah kantong pantai yang diblokade tersebut.

“Negara Israel akan segera menghentikan serangan militernya, dan setiap tindakan lainnya di wilayah Rafah, yang dapat menimbulkan kondisi kehidupan kelompok Palestina di Gaza yang dapat mengakibatkan kehancuran fisik secara keseluruhan atau secara keseluruhan," kata Mahkamah Internasional.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement