Jumat 10 Nov 2023 13:31 WIB

IZI dan Panin Dubai Syariah Berikan Bantuan Operasi Katarak di Lima RS

IZI akan terus distribusikan zakat dari masyarakat.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pemeriksaan mata untuk melakukan operasi katarak.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi pemeriksaan mata untuk melakukan operasi katarak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laznas Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) bekerja sama dengan PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk (PDSB)  menyelenggarakan operasi katarak gratis tersebar di lima rumah sakit kota besar di Indonesia, salah satunya RS. Yarsi Jakarta.

Daftar lima rumah sakit tersebut sebagai berikut, RS. Yarsi Jakarta, RS. Islam Yogyakarta PDHI, RSI. Sultan Agung Semarang, RS. Al Irsyad Surabaya, dan RS. Edelweiss, Bandung.

Baca Juga

Direktur Utama PT Bank Panin Dubai Syariah. TBk (PDSB) Bratha Widjaja menyampaikan tujuan diadakan operasi katarak untuk membantu para saudara-saudara kita penderita katarak yang tidak mampu agar kesehatan matanya dapat pulih kembali dan dapat beraktivitas normal seperti sediakala. 

Bratha Widjaja mengatakan, operasi katarak gratis merupakan kerja sama kali kedua PDSB bersama IZI juga RS. Yarsi Jakarta setelah 2022 telah dilaksanakan operasi katarak gratis yang pertama.

“Kami berharap kegiatan operasi katarak gratis ini dapat dilaksanakan setiap tahun dan menjadi agenda tetap Bank Panin Dubai Syariah, Tbk. dengan melibatkan lebih banyak lagi rumah sakit dan peserta katarak di seluruh Indonesia,” ujar dia dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id pada Jumat (10/11/2023).

Direktur Pendayagunaan dan Pendistribusian Zakat LAZNAS IZI, Aan Suherlan selaku menyampaikan bahwa kali kedua bekerja sama dengan PDSB terkait dengan program kesehatan. PDSB merupakan salah satu korporasi yang senantiasa peduli memperhatikan kepentingan kebutuhan masyarakat salah satunya ialah operasi katarak gratis ini. 

“Alhamdulillah PDSB kolaborasi dengan IZI pada tahun ini luar biasa, tahun 2023 amanah pendistribusian semakin bertambah dan semakin besar. Tidak hanya program kesehatan, program-program lain juga, dengan nilai amanah zakat yang diamanahkan ke IZI begitu luar biasa. Tentu kami sambut dengan bekerja secara professional,” ujar dia.

Aan menyebut tahun lalu IZI dengan PDSB sudah melakukan program yang sama dengan 15 pasien. Sekarang kurang lebih 140 pasien yang tersebar di lima rumah sakit di Indonesia menerima manfaat Operasi Katarak gratis. 

“Jazakumullah khairan katsiran untuk RS Yarsi yang telah memfasilitasi seremoni kita pada hari ini. Terima kasih pula kepada RS. Edelweiss, Bandung, RSI. Sultan Agung Semarang, RS. Islam Yogyakarta PDHI dan RS Al Irsyad Surabaya atas kerja sama dan kolaborasi yang luar biasa pada program ini,” ujar dia.

Direktur Utama RS Yarsi Mulyadi Muchtiar mengatakan ini adalah momen yang sangat krusial saat bekerja sama antara PSDM, IZI dan RS Yarsi. Semua kita sejalan dengan ideologi, visi yang sama, yaitu memberikan pelayanan syariah. 

“Kita targetkan ada 60 peserta. Waktu pertemuan sebelumnya sebanyak 400 peserta yang ikut skrining, tapi bagaimanapun ketika kita menjalankan operasi membutuhkan skrining,” kata dia.

Mulyadi menyampaikan ketika penglihatan mulai samar dengan adanya operasi ini, insya Allah akan melihat, warna merah itu merah. Seremonial acara operasi katarak secara offline dan online dilaksanakan di Auditorium RS Yarsi Selasa (7/11/ 2023).

Turut hadir Perwakilan PDSB, Bratha Widjaja selaku direktur utama PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk, Andri Latief selaku head of corporate legal PDSB, Mohd. Idi Koswanda selaku asst vice president dan head human resources & logistick PDSB, dan para pimpinan cabang PDSB Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur. 

Perwakilan LAZNAS IZI, dihadiri oleh Aan Suherlan selaku direktur pendayagunaan dan pendistribusian zakat Laznas IZI, Syailendra selaku manajer zakat komunitas Laznas IZI, kepala perwakilan IZI Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Perwakilan RS. Yarsi, dihadiri oleh Dr. Mulyadi Muchtiar selaku direktur utama RS Yarsi Jakarta, Dr. Ahmad Jamaluddin selaku direktur SDI, oendidikan dan penelitian RS. Yarsi beserta jajarannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement