Jumat 10 Nov 2023 11:13 WIB

Rayakan Hari Pahlawan, Rumah Zakat Gelar Aksi Bersih Sungai Tasikmalaya

Kegiatan aksi bersih sungai digelar di Bendungan Sungai Cimulu Tasikmalaya.

Rumah Zakat menggelar aksi bersih sungai di Bendungan Sungai Cimulu Kota Tasikmalaya.
Foto: Dok. Rumah Zakat
Rumah Zakat menggelar aksi bersih sungai di Bendungan Sungai Cimulu Kota Tasikmalaya.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang akan jatuh pada 10 November 2023, Rumah Zakat bersama dengan berbagai pihak terkait, menggelar Aksi Bersih Sungai dengan tajuk '#BergerakNyata Menjadi Pahlawan Kebersihan'. Kegiatan ini dilaksanakan di Bendungan Sungai Cimulu Kota Tasikmalaya, akhir pekan lalu.

Kegiatan ini merupakan upaya bersama untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan dan memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat serta lingkungan di sekitarnya. Kegiatan ini juga merupakan langkah nyata dalam mengantisipasi potensi banjir saat musim hujan tiba, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan dan sampah.

Baca Juga

Aksi Bersih Sungai ini mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Tasikmalaya, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), PUTR Tasikmalaya, Relawan Ansharu Syariah, Forum Panglayungan Bersatu, Bank Sampah, Komunitas Pusaka Indonesia, Sigab Persis, konten kreator, influencer, serta warga sekitar. Kegiatan ini juga dihadiri oleh lebih dari 250 peserta yang sangat antusias dalam membersihkan sampah yang menumpuk di bendungan Cimulu.

Para peserta dan warga sekitar dapat menikmati sajian segar dari infak.id dan makanan dari foodtruck berbagi makan. Foodtruck ini dipersembahkan oleh Rumah Zakat dan didukung oleh Schroders Indonesia, perusahaan manajer investasi terkemuka di Indonesia yang merupakan bagian dari Schroders Plc yang berkantor pusat di Inggris. Schroders berkomitmen untuk menjalankan bisnis sekaligus membuat dampak  positif baik bagi lingkungan maupun sosial.

"Kami berharap aksi #BergerakNyata menjadi pahlawan Kebersihan ini menjadi inspirasi dan edukasi bagi seluruh masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan dan menjaganya dengan tidak membuang sampah ke sungai," kata Brand Activation Head di Rumah Zakat Usman Priatna, dalam keterangan tertulis, Jumat (10/11/2023).

Selama aksi bersih sungai, sampah yang terkumpul langsung diangkut oleh dump truck ke lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Tasikmalaya. Dengan demikian, kegiatan ini bukan hanya memberikan dampak positif secara visual, tetapi juga secara nyata dalam membersihkan lingkungan sekitar.

Kolaborasi antara Rumah Zakat, konten kreator kebersihan Kalangsari Pride, dan DLH Kota Tasikmalaya menjadi tonggak penting dalam menjadikan peringatan Hari Pahlawan sebagai momentum untuk menjadi pahlawan kebersihan. Semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini berharap bahwa semangat kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan akan terus berkembang di masyarakat, menjadikan setiap orang sebagai pahlawan kebersihan di lingkungannya masing-masing.

"Saya Mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Zakat atas inisiatifnya untuk kegiatan bersih-bersih di Sungai Cimulu Tasikmalaya. terimakasih juga untuk Kalangsari Pride, forum panglayungan bersatu, komunitas bank sampah dan komunitas lainnya. Alhamdulillah pada hari ini kita melaksanakan kegiatan dengan lancar," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasikmalaya Feri Arif Maulana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement