Jumat 27 Oct 2023 18:30 WIB

Kolaborasi LKC-Dompet Dhuafa Hadirkan Program Desa Sehat di Kalteng

Dompet Dhuafa terus menggelar program pemberdayaan masyarakat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
lkc dompet dhuafa.
Foto: Dok. Dompet Dhuafa
lkc dompet dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID, KATINGAN -- Sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan di wilayah Desa Subur Indah, Kalimantan Tengah, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan PT Pagatan Usaha Makmur (PUM) menggelar peresmian Desa Sehat program Kawasan Sehat.

Peresmian ini digelar di Puskesmas Pembantu (Putsu) Desa Subur Indah, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Bersamaan dengan peresmian desa sehat ini, LKC-DD bersama PT PUM juga menggulirkan Aksi Layan Sehat (ALS) yang ditujukan untuk masyarakat Katingan Kuala. 

“Alhamdulillah hari ini kita melakukan peresmian kawasan sehat yang ke-19 untuk seluruh LKC di Indonesia," ujar Kepala LKC DD Pusat drg. Martina Tirta Sari dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (23/10/2023).

Dia menjelaskan, program ini mengedepankan pemberdayaan kesehatan di masyarakat, yang semuanya diharapkan dikelola oleh masyarakat.

"LKC Dompet Dhuafa bersama dengan PT. Pagatan Usaha Makmur hadir sebagai fasilitator, pada implementasinya program ini akan dikelola langsung oleh masyarakat dengan  mengutamakan peran serta dari masyarakat. Ini adalah program dari masyarakat, oleh  masyarakat dan manfaatnya untuk masyarakat,” ucap dia.

Sementara itu, Program Manager PT. PUM, Imanuddin Utoro menjelaskan, kelestarian hutan sangat tergantung dengan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar hutan. Oleh karena itu, Desa Sehat ini bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kesehatan masyarakat yang lebih baik. 

“Kami berpikir perlu pendekatan holistik untuk menyelesaikan masalah kesehatan, oleh karena itu kami bekerjasama dengan LKC Dompet Dhuafa mencari solusi yang lebih baik dan kami berpikir bahwa program yang akan dilakukan lebih ke arah promotif, edukatif dan pencegahan penyakit menular,” kata Imannudin.

Lebih dalam, Imannudin menuturkan Desa Sehat Subur Indah ini sebagai cikal bakal program lainnya di tahun-tahun mendatang, tersemat harapan dari Desa Sehat Subur Indah ini bisa direplikasikan untuk program yang serupa di desa-desa yang ada di sekitar konsesi PT. Pagatan Usaha Makmur.

Desa Sehat program Kawasan Sehat yang merupakan kolaborasi antara LKC DD dan PT. PUM ini mendapatkan sambutan yang baik dari Staff Ahli Bupati Katingan, Kalpin. Menurut dia, program ini bisa menjadi satu contoh untuk dapat ditindak lanjuti, bukan hanya di Katingan Kuala, bahkan di seluruh kecamatan atau desa yang ada di Kabupaten Katingan. 

"Tentu kami sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada LKC Dompet Dhuafa dan PT. Pagatan Usaha Makmur yang sudah menghadirkan program ini. Kami mewakili pemerintah daerah berharap semoga kedepannya pemerintah daerah bisa berkolaborasi bersama di dalam program ini,” jelas Kalpin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement