Ahad 22 Oct 2023 15:01 WIB

Dompet Dhuafa Gelar Jantara 2023 bagi Ratusan Santri  

Ratusan santri mendapat ilmu mengenai literasi wakaf dalam perkembangan di era ini.

Rep: Rossi Handayani / Red: Gita Amanda
Hari Santri 2023, (ilustrasi). Dompet Dhuafa juga turut menyelenggarakan peringatan Hari Santri Nasional 2023.
Foto: ANTARA FOTO/ZABUR KARURU
Hari Santri 2023, (ilustrasi). Dompet Dhuafa juga turut menyelenggarakan peringatan Hari Santri Nasional 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Memperingati hari Santri Nasional, Dompet Dhuafa menggelar Jantara (Jambore Santri Nusantara) yang dimulai pada Jumat (20/10/2023) hingga Ahad (22/10/2023). Sebanyak 200 santri se-Indonesia mendapatkan pembekalan dan pelatihan dalam upaya mitigasi dan pengurangan risiko bencana dari Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, selain itu para ratusan santri ini mendapatkan ilmu mengenai literasi wakaf dalam perkembangannya di era saat ini. 

"Hari ini dalam rangka hari santri 41 Pondok Pesantren diundang untuk kita bersama-sama melakukan aktivitas kesantrian, ada 241 santri berkemah. Jambore adalah salah satu uji coba kita mencoba keandalan dari sistem air bersih sanitasi dan sebagainya, Alhamdulillah bisa berjalan lancar," kata Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Rahmat Riyadi di Sukabumi pada Ahad (22/10/2023).

Baca Juga

Manager of Humanitarian Academy DMC Dompet Dhuafa Achmad Lukman mengungkapkan, Jantara digelar untuk memperingati Hari Santri kemudian juga dilakukan lomba kreativitas serta pengenalan mitigasi bencana di Pesantren. Dia mengatakan, mitigasi perlu diperkenalkan kepada para santri karena kemungkinan ke depan mereka akan menghadapi bencana.

"Ada ancaman terkait bencana contohnya longsor, dampak dan kesiapsiagaan, edukasi kepada para santri apa itu bencana agar santri mengenal apa itu berisiko bencana atau tidak. Ketika para santri itu mengenal maka santri dapat menyelamatkan diri secara mandiri mengurangi korban jiwa," kata Achmad. 

Sementara Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama (Kemenag), Prof Dr KH Waryono Abdul Ghofur MAg mendukung terselenggaranya Jantara 2023. “Selamat kepada Dompet Dhuafa yang telah mengadakan Jambore Santri Nusantara 2023, dengan mengusung tema Jihad Santri Jayakan Negeri,” kata dia.

“Sayapun berharap Dompet Dhuafa mengembangkan sisi wakaf yang berguna dan dirasakan manfaat bagi rakyat Indonesia. Bagaimanapun, masih banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dan inovasi-inovasi Dompet Dhuafa. Tentu juga saya berharap, dengan adanya event tersebut dapat menelurkan santri-santri yang mempunyai kontribusi bagi nusa dan bangsa. Saya percaya dengan Dompet Dhuafa dengan pengalaman yang panjang, yang telah menjadi inspirasi lembaga zakat nasional yang lain. Dompet Dhuafa akan menjadi lembaga yang terdepan dalam melayani umat dengan khitmat mengembangkan generasi muda berkualitas terlebih tantangan ke depan makin besar,” lanjut dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement