Kamis 19 Oct 2023 21:51 WIB

Dompet Dhuafa dan UIN RIL Kerja Sama Program Kantin Kontainer

Kantin Kontainer bisa menjadi inovasi solutif dalam membantu mahasiswa dhuafa.

  Suasana layanan Kantin Kontainer kolaborasi pemberdayaan zakat produktif Dompet Dhuafa (DD) (ilustrasi).
Foto: Dokumen
Suasana layanan Kantin Kontainer kolaborasi pemberdayaan zakat produktif Dompet Dhuafa (DD) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Dompet Dhuafa Lampung bersama FEB UIN Raden Intan Lampung (RIL) jalin kerja sama beasiswa mahasiswa berbasis program laboratorium kewirausahaan kantin kontainer. Program beasiswa ini untuk penguatan SDM dan pengabdian masyarakat.

Pemimpin Cabang Dompet Dhuafa Lampung Yogi Achmad Fajar mengatakan, kerja sama ini akan menggulirkan program beasiswa wirausaha untuk mahasiswa dengan cara pengelolaan kantin yang terbuat dari kontainer. Mahasiswa akan mendapatkan beasiswa hasil pengelolaan kantin tersebut, mahasiswa juga akan belajar pengelolaan usaha.

Baca Juga

“Harapannya mahasiswa ini mampu menyelesaikan kuliah dengan beasiswa yang ia terima, juga ke depan bisa menjadi sosok yang tidak sekadar mencari kerja namun bisa menciptakan lapangan kerja berbekal dari pengelolaan usaha kantin yang pernah ia lakukan,” kata Yogi Achmad Fajar pada kesepakatan tersebut terlaksana di FEBI UIN RIL Bandar Lampung, Kamis (19/10/2023).

Dia mengatakan, kolaborasi kebaikan ini akan menjadi inovasi pendayagunaan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf) yang unik dan kreatif bagi kalangan mahasiswa dhuafa dan bidang kewirausahaan.

“Adanya Kantin Kontainer bisa menjadi inovasi yang sangat solutif dalam membantu mahasiswa dhuafa. Tak hanya itu, kantin kontainer juga sebagai lab kewirausahaan yang bisa menjadi sarana belajar bagi mahasiswa FEBI UIN RIL,” kata Yogi.

Dekan FEBI UIN RIL Tulus Suryanto mengapresiasi program kolaborasi ini, terutama melatih jiwa wirausaha bagi mahasiswa melalui kantin kontainer. Melalui beasiswa kantin kontainer, mahasiswa dhuafa juga diharapkan akan terbantu.

"Program yang sangat luar biasa dan dapat membantu mahasiswa-mahasiswa yang dhuafa dalam rangka menyelesaikan perkuliahannya dan kami berharap program-program ini benar-benar dapat membantu mahasiswa,m” kata Tulus.

Program ini, menurut dia, dapat melatih dan menguatkan motivasi dalam bidang kewirausahaan dan menciptakan jiwa kemandirian pada diri mahasiswa.

Mursalin Yasland

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement