Ahad 22 Oct 2023 09:40 WIB

AS Sambut Baik Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Gaza Palestina akan terus dipertahankan.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Erdy Nasrul
Truk yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza berbaris tertahan didepan gerbang perbatasan Rafah, di Rafah, Mesir, Sabtu (21/10/2023).
Foto: Satellite image ©2023 Maxar Technologies via
Truk yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza berbaris tertahan didepan gerbang perbatasan Rafah, di Rafah, Mesir, Sabtu (21/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan Washington menyambut baik pengiriman konvoi 20 truk yang membawa bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat di Gaza. Bantuan pertama sejak serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober lalu.

"Kami berterima kasih kepada mitra kami di Mesir dan Israel, serta Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang telah memfasilitasi perjalanan yang aman untuk pengiriman ini melalui penyeberangan perbatasan Rafah," kata Kementerian Luar Negeri AS dalam pernyataannya, Sabtu (21/10/2023).  

Baca Juga

Kementerian mengatakan dengan konvoi ini, komunitas internasional mulai mengatasi krisis kemanusiaan di Gaza yang menyebabkan penduduk Gaza tidak memiliki akses terhadap makanan, air, perawatan medis, dan tempat tinggal yang aman.

Kementerian menambahkan pembukaan rute pasokan penting ini merupakan hasil dari keterlibatan diplomatik AS selama berhari-hari di wilayah tersebut dan kesepahaman yang dicapai Presiden Joe Biden dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi selama kunjungan ke Israel baru-baru ini.

"Sejak kunjungan tersebut, Utusan Khusus David Satterfield telah bekerja sama dengan pemerintah Israel dan Mesir, serta PBB, untuk mengawasi implementasinya," kata Kementerian.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement