Selasa 03 Oct 2023 15:57 WIB

Karyawan Muslimah di AS Dilecehkan Atasannya, Dipaksa Lepas Jilbab

Muslimah di AS mendapat perlakuan tak menyenangkan dari atasannya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
 Ilustrasi Islamofobia
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi Islamofobia

REPUBLIKA.CO.ID,LENEXA -- Jaringan restoran cepat saji asal Meksiko, Chipotle, menghadapi tuntutan hukum yang diajukan oleh agen federal atas nama mantan karyawannya. Mantan karyawan ini mengatakan telah menjadi sasaran rentetan pelecehan berdasarkan agama yang dilakukan atasannya karena dia mengenakan jilbab.

Gugatan pelecehan dan pembalasan agama diajukan oleh Komisi Kesetaraan Kesempatan Kerja AS atas nama Areej Saifan, seorang wanita Muslim yang bekerja di Chipotle di Lenexa, Kansas.

Baca Juga

Dilansir CNN, Selasa (3/10/2023), Saifan menjelaskan bahwa dia mengenakan jilbab karena keyakinan agamanya dan tidak bisa melepasnya. "Namun pelecehan terus berlanjut selama beberapa pekan, menekan dia untuk melepas jilbabnya," demikian bunyi gugatan tersebut.

Pada suatu kesempatan, asisten manajer restoran tersebut mengulurkan tangan, meraih hijabnya, dan menariknya. Akibatnya sebagian hijab Saifan terlepas sehingga memperlihatkan rambutnya.

Saifan memberi tahu supervisor shift tentang perilaku berulang yang dilakukan asisten manajer tersebut. Namun supervisor shift tersebut, menurut gugatan tersebut, mengatakan kepada asisten manajer tersebut satu kali untuk menghentikan perilaku tersebut dan tidak melaporkan pelecehan tersebut kepada manajemen yang lebih tinggi.

Karena kegagalan manajemen yang berulang kali mengatasi pelecehan tersebut, Saifan mengundurkan diri dan mengajukan pemberitahuan dua pekan sebelumnya pada tanggal 10 Agustus 2021, demikian isi gugatan tersebut.

"Hal ini merupakan praktik yang biasa dilakukan Chipotle untuk terus menjadwalkan karyawan untuk bekerja selama periode dua pekan setelah pemberitahuan (pengunduran diri) dua pekan dari karyawan," kata gugatan tersebut.

Namun, dalam kasus Saifan, Chipotle tidak menjadwalkan dirinya untuk shift baru setelah dia menyerahkan pemberitahuan pengunduran diri dua pekan sebelumnya.

Laurie Schalow, Chief Corporate Affairs Officer Chipotle, mengatakan pihaknya tidak memiliki kebijakan toleransi terhadap diskriminasi dalam bentuk apa pun. "Dan kami telah memecat karyawan tersebut," ujarnya, dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email ke CNN.

"Karyawan Chipotle yang terlibat dan pekerja keras adalah hal yang membuat kami hebat, dan kami mendorong karyawan kami untuk segera menghubungi kami, termasuk melalui nomor anonim 800, jika ada kekhawatiran sehingga kami dapat menyelidiki dan merespons dengan cepat untuk memperbaikinya," lanjut Schalow.

Pengacara regional untuk kantor Komisi Kesetaraan Kesempatan Kerja di Distrik St. Louis, Andrea G. Baran, menuturkan, orang-orang yang beragama mempunyai hak untuk bekerja bebas dari pelecehan berdasarkan keyakinan dan praktik agama mereka.

"Pelecehan terhadap perempuan dan gadis remaja yang memilih untuk mengekspresikan keyakinan agama mereka dengan mengenakan pakaian sopan atau penutup kepala tidak dapat diterima," kata dia.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement