Senin 25 Sep 2023 11:15 WIB

Kosong Sejak 2020, Gereja Bradford Berusia 150 Tahun akan Diubah Jadi Masjid

Renovasi gereja menjadi masjid dijadwalkan selesai awal tahun depan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Kosong Sejak 2020, Gereja Bradford Berusia 150 Tahun akan Diubah Jadi Masjid
Foto: Republika.co.id
Kosong Sejak 2020, Gereja Bradford Berusia 150 Tahun akan Diubah Jadi Masjid

REPUBLIKA.CO.ID, CLAYTON -- Anggota Dewan Bradford telah mengonfirmasi perubahan fungsi gereja menjadi sebuah masjid. Gereja Metodis Clayton Heights, yang dibangun pada 1870 ini ditutup pada 2020 dan telah kosong sejak saat itu.

Sebelumnya, rencana mengubah gedung Chapel Lane menjadi tiga rumah dengan dua tempat tidur telah disetujui. Namun, pekerjaan tersebut tidak pernah dilakukan dan kini gereja tersebut akan direnovasi menjadi masjid yang dijadwalkan selesai awal tahun depan.

Baca Juga

Anggota dewan Lingkungan Queensbury mengatakan konversi tersebut tidak memerlukan izin perencanaan karena penggunaannya sebagai tempat ibadah tidak berubah.

“Anngota dewan Hazel Johnson dan saya menyambut baik masjid ini sebagai aset di kawasan Queensbury, guna melayani komunitas kami yang beragam. Kami senang mendengar rencana mereka (Muslim) mengadakan hari terbuka, yang memungkinkan warga bertemu dengan tim dan mengadakan pertemuan melihat sekeliling," ujar anggota dewan Alex Mitchell dari Partai Buruh dikutip di Telegraph and Argus, Senin (25/9/2023).

 

Menyusul hal tersebut, sejumlah warga menyuarakan keprihatinannya tentang masalah yang mungkin ditimbulkan oleh masjid, seperti kepadatan lalu lintas dan parkir. Untuk hal ini, para anggota dewan telah diyakinkan bahwa selama masa-masa sibuk, para pengurus akan berada di lokasi untuk mengatur alur mobil.

Hal ini terutama terjadi pada Jumat dimana sholat dilaksanakan dua kali pada siang hari. Pemilik gedung juga mengatakan pelaksanaan sholat Jumat ini akan selalu selesai sebelum Sekolah Dasar Stocks Lane di dekatnya mengakhiri pembelajaran.

"Kami telah dihubungi oleh penduduk sekitar yang memiliki kekhawatiran yang sah tentang potensi kemacetan lalu lintas di Jalan Highgate, yang juga kami perhatikan," ujar Mitchell.

Pengelola masjid akan memperhatikan mobil jamaah...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement